HOME, Bugar

Jangan Disepelekan! Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Disepelekan! Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Manfaat temulawak untuk kesehatan sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia. 

Berkat kandungan berbagai senyawa alami di dalamnya, tanaman berkhasiat ini secara turun-menurun telah digunakan sebagai jamu atau obat herbal tradisional. 

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.  

Manfaatnya bisa mengatasi gangguan lambung, sembelit, diare, demam, radang sendi, hingga gangguan fungsi hati. 

Baca Juga: Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Dilansir dari Web MD, berikut ini beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:  

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mengatasi masalah sistem pencernaan.  

Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang kinerja empedu untuk membantu memperlancar sistem pencernaan dan  meningkatkan metabolisme dalam tubuh. 

Menurut para ahli temulawak juga berkhasiat dalam mengatasi sejumlah masalah pencernaan, seperti gangguan pencernaan, perut kembung, serta gas dan dispepsia. 

2. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah memperkuat imunitas tubuh. Salah satu manfaat utama temulawak adalah memperkuat daya tahan tubuh. 

Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi serta antioksidan yang dapat membantu kinerja sel darah putih dan produksi antibodi. 

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. 

3. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah mengendalikan kadar gula darah. Temulawak juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. 

Manfaat temulawak ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan.

Temulawak juga diketahui dapat meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Berbagai Cara Mencegah Asma untuk Anak

4. Obat antiradang

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah obat antiradang. Temulawak memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. 

Berkat kandungan antiradang inilah, temulawak bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh, seperti radang sendi. 

5. Obat jerawat

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah obat jerawat. Hal ini karena temulawak memiliki kandungan yang bersifat astringent yang bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak dari kelenjarnya. 

Selain itu, kandungan antiseptik yang dimilikinya juga bisa membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab jerawat. Dengan begitu, jerawat yang membandel akan berangsur membaik dan sembuh.  

Namun, agar lebih aman, ada baiknya Anda konsultasikan ke dokter lebih dulu jika ingin mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News