Keluarga

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Tidur Telentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Tidur Telentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Jangan diremehkan, inilah 5 manfaat tidur telentang untuk kesehatan dan kecantikan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tidur termasuk rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Dengan tidur yang cukup, itu akan berdampak positif bagi kesehatan fisik maupun mental.

Selain menerapkan durasi tidur yang dianjurkan, kita juga disarankan untuk memerhatikan posisi tidur dengan saksama. Adapun salah satu posisi tidur yang baik adalah tidur telentang.

Bukan tanpa alasan, tidur telentang termasuk dalam posisi tidur yang baik mengingat manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Selengkapnya, inilah 5 manfaat tidur telentang untuk kesehatan dan kecantikan sebagaimana dilansir dari Dermstore.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menggunakan Cuka Apel untuk Kulit, Jangan Sampai Salah!

1. Mengatasi masalah leher dan punggung

Tidur telentang dapat membantu mengatasi masalah leher dan punggung, ungkap seorang dermatologist bernama Dr. Ava Shamban. Pasalnya, saat Anda tidur telentang, posisi tubuh akan lurus dan berat badan akan lebih merata di seluruh tubuh Anda.

Kebiasaan tidur telentang bisa membantu menghilangkan stres pada punggung bagian bawah terutama jika Anda menggunakan bantal tambahan dan meletakkannya di bawah kepala, lutut, serta betis.

2. Meredakan ketegangan otot

Tidur telentang dapat membantu meredakan ketegangan otot di bagian leher, bahu, dan otot terdekat lainnya.

Tidak hanya mengatasi nyeri otot, kebiasaan tidur telentang juga bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Tatkala Anda tidur telentang, itu akan mengendurkan sekaligus mengendurkan otot-otot Anda. Nah, kondisi inilah yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan bahkan membantu mengatasi insomnia.

3. Meminimalkan kerutan pada wajah

Tidur menyamping rentan menyebabkan kerutan yang dikenal sebagai sleep lines. Sleep lines sering muncul secara paralel di sepanjang pelipis, sekitar mata, area pipi lateral, dan sekitar mulut, menurut dermatologist bernama Kachiu Lee, MD. Dan, orang-orang yang terbiasa tidur menyamping selama bertahun-tahun sering kali memiliki lebih banyak sleep lines di sisi wajah yang menempel pada bantal.

Untuk mencegah wajah bergesekan dengan bantal dan menyebabkan sleep lines, tidur telentang sangat dianjurkan. Tidur telentang juga dapat membantu mencegah wajah asimetris (ketidakrataan tekstur atau volume wajah). Yang tidak kalah penting, tidur telentang bisa membantu seluruh tubuh untuk merasa rileks, mengurangi peradangan, dan memaksimalkan hasil pergantian sel kulit pada wajah.

Baca Juga: Gaya Asuh Authoritarian Parenting Berisiko Rugikan Anak, Kenali Cirinya!

4. Mengurangi kerutan di leher

Selain meminimalkan kerutan di wajah, tidur telentang juga bisa membantu mengurangi kerutan di bagian leher. Tidur telentang akan mencegah pemecahan kolagen pemicu garis-garis halus dengan tidak menerapkan tekanan ke area kulit yang sama.

Dengan membiasakan diri untuk tidur telentang, itu akan mencegah kepala Anda menunduk ke arah dada yang mana posisi ini dapat menyebabkan kulit leher berkerut.

5. Mengurangi bengkak pada wajah

Tidur telentang dapat membantu mengurangi fitur wajah yang bengkak atau bengkak di sekitar mata. Bengkak pada wajah bisa diminimalkan secara signifikan ketika Anda menerapkan kebiasaan tidur telentang dengan bantal di bawah leher.

Sebaliknya, tidur menyamping akan menyebabkan penumpukan cairan di area wajah yang menempel pada bantal dan membuat wajah tampak bengkak.

Itulah 5 manfaat tidur telentang untuk kesehatan dan kecantikan. Ingat, tidur telentang juga bisa mencegah produk skincare yang digunakan menempel pada bantal sekaligus mengurangi potensi jerawat akibat sarung bantal yang kotor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News