Santai

Jangan Dipanaskan, Ini Daftar 4 Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan Berulang

Jangan Dipanaskan, Ini Daftar 4 Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan Berulang

MOMSMONEY.ID - Bisa menimbulkan berbagai efek samping, beberapa daftar makanan ini sebaiknya jangan dipanaskan lagi, ya, moms.

Menyimpan makanan sisa untuk dikonsumsi kembali keesokan harinya merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran belanja makanan.

Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali setelah disimpan terlalu lama dalam suhu ruangan. 

Simak beberapa daftarnya berikut ini, yuk, moms.

Baca Juga: Ingin Liburan Tenang tapi Tetap Produktif? Coba Lakukan 5 Tips Ini Saja

Jamur

Jamur mengandung banyak protein dan enzim yang baik untuk dikonsumsi. Sehingga, memanaskan kembali jamur yang telah berada pada suhu ruangan bisa merusak protein dan enzim yang ada pada jamur dan menyebabkan sakit perut. 

Jika terpaksa untuk menghangatkan jamur, pastikan untuk menghangatkan hanya pada sampai suhu 70 derajat Celcius, agar tidak terlalu panas dan merusak kandungan baik pada jamur.

Kentang

Kentang masuk dalam daftar makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan. Laman Insider menjelaskan, penyebab kentang tidak boleh dipanaskan adalah tergantung dari cara penyimpanannya. 

Jika kentang dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan, bakteri yang menyebabkan penyakit botulisme mungkin akan terbentuk.

Alhasil, memanaskan kembali kentang yang sudah terekspos suhu ruangan terlalu lama tidak akan membunuh bakteri ini. Sebaiknya, langsung simpan kentang di dalam kulkas ketika sudah tidak dikonsumsi lagi.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Kebiasaan untuk Memudahkan Persalinan

Nasi

Nasi yang disimpan terlalu lama pada suhu ruangan akan memicu pembentukan bakteri beracun yang menyebabkan sakit perut dan diare.

Sementara memanaskan kembali nasi tidak akan membuat bakteri tersebut mati. Maka dari itu, ada baiknya untuk menyimpan kembali nasi pada kulkas dengan wadah yang rapat agar tidak terkontaminasi dengan suhu ruangan.

Ayam

Ayam adalah makanan yang juga sebaiknya tidak dipanaskan kembali setelah dimasak. Makanan hasil peternakan seperti ayam dan telur memiliki protein yang tinggi.

Sehingga, menurut laman Independent, sebaiknya tidak memanaskan kembali ayam agar tidak kehilangan proteinnya yang rusak karena suhu panas.

Jangan lupa dicatat, ya, moms, itulah tadi daftar makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan lagi setelah terkena suhu ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News