Bugar

Jangan Dipakai! Ini 4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari

Jangan Dipakai! Ini 4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Pentingnya buat lebih waspada terhadang kandungan yang ada di dalam produk skincare Anda. Jika Anda keliru dan tidak mencari literasi terlebih dahulu, maka skincare bisa memberika dampak buruk pada kesehatan kulit.

Agar bisa lebih waspada dengan kandungan-kandungan yang ada di dalam produk skicare, berikut empat kandungan skincare yang harus Anda hindari dikutip dari anessa.id, yaitu: 

1. Octocrylene

Kandungan pertama skincare yang harus dihindari, yaitu octocrylene atau Lauryl Glucoside merupakan kandungan yang sering ditemukan pada sunscreen. Octocrylene mampu melindungi kulit dari sinar matahari.

Namun, kandungan ini juga mampu memproduksi oksigen radikal yang dapat menyerang sel sehat di dalam tubuh. Octocrylene dinilai tidak ramah lingkungan karena dapat menyebabkan mutasi gen dan racun bagi lingkungan sekitar.

2. Avobenzone

Selanjutnya, kadungan skincare yang harus dihindari adalah avobenzone atau Butyl methoxydibenzoylmethane. kandungan ini memiliki fungsi untuk membuat perlindungan kulit yang diberikan oleh sunscreen menjadi lebih stabil.

Walaupun begitu, avobenzone dinilai berbahaya oleh sebagian orang karena dapat memicu dermatitis dan menghasilkan pelepasan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker. 

Baca Juga: 3 Kandungan dalam Masker yang Ampuh Mengecilkan Pori-Pori

3. Paraben

Kandungan yang satu ini pasti sudah Anda tahu karena termasuk kandungan skincare yang harus dihindari. Paraben bisa digunakan dalam produk kecantikan seperti skincare dan makeup.

Namun, ternyata paraben dinilai memiliki kaitan dengan beberapa kondisi penyakit seperti kanker payudara, kulit, dan dapat mengganggu sistem reproduksi menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika.

Selain itu, paraben juga dinilai memiliki efek turunan yang dapat menimbulkan dampak negatif seperti penurunan jumlah sperma pada laki-laki dan meningkatkan sensitivitas kulit. Pada kemasan produk, Paraben juga seringkali ditulis sebagai methylparaben, propylparaben, butylparaben, ethylparaben, 4-hydroxy methyl ester benzoic acid, atau methyl 4-hydroxybenzoate. 

4. Homosalate

Kandungan skincare lainnya yang harus dihindari, yaitu homosalate. Homosalate seringkali digunakan pada sunscreen bertujuan untuk membantu proses penyerapan sunscreen pada kulit. Namun, homosalate ditemukan dapat berdampak negatif karena bisa mengakibatkan peningkatan kandungan pestisida dalam tubuh. 

Pada beberapa skincare, Homosalate juga memiliki nama lain seperti Homomentil Salisilat, HMS, HS, atau rumus senyawa 3,3,5-trimetil-sikloheksil-salisilat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News