HOME, Keluarga

Jangan Dilanggar, 4 Mitos Kebersihan Rumah Saat Imlek Ini Bisa Bawa Sial

Jangan Dilanggar, 4 Mitos Kebersihan Rumah Saat Imlek Ini Bisa Bawa Sial

MOMSMONEY.ID - Walaupun sudah lewat, suasana Imlek yang meriah dan penuh sukacita masih bisa dirasakan di sekitar kita. 

Imlek merupakan hari raya yang kental dengan unsur kebudayaan Tiongkok, jadi ada banyak aturan dan mitos mengenai hari tersebut.

Misalnya apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat perayaan Imlek. Biasanya, aturan tersebut berkaitan erat dengan datangnya keberuntungan atau rezeki di tahun yang baru.

Nah, kebersihan rumah merupakan salah satu hal yang perlu disorot saat Imlek. Pasalnya, ada beberapa mitos berkaitan dengan kebersihan rumah yang dianggap bisa mendatangkan sial jika dilanggar.

Baca Juga: Mengenal 5 Tipe Vacuum Cleaner yang Umum Digunakan, Apa Saja?

Mitos apa sajakah yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Jangan menyapu lantai

Salah satu pantangan utama saat Imlek adalah menyapu lantai. Bahkan, memegang peralatan kebersihan seperti sapu dan pel saja tidak dianjurkan.

Mengapa begitu? Menurut kebudayaan Tiongkok, menyapu lantai saat hari Imlek melambangkan rezeki yang tersapu keluar rumah. Jadi, semua harapan dan doa-doa baik saat tahun baru bisa pergi meninggalkan penghuni rumah.

Jangan membuang sampah

Selain menyapu lantai, Anda juga tidak dianjurkan untuk membuang sampah saat hari Imlek.

Dilansir dari Honeycombers, membuang sampah keluar rumah saat Imlek berarti membuang keberuntungan dan rezeki dari rumah, sehingga semua doa dan harapan baik saat tahun baru akan terbuang sia-sia.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Vacuum Cleaner Stick dari Philips, Ringkas dan Mudah Digunakan

Jangan mencuci pakaian dan piring kotor

Mungkin Anda gemas melihat tumpukan pakaian dan piring kotor saat Imlek. Namun, mencuci pakaian dan piring kotor juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat hari pertama dan kedua Imlek.

Sebab, kedua hari tersebut dirayakan sebagai hari kelahiran dewa air. Mencuci pakaian dan piring kotor dapat dianggap sebagai hal yang tidak sopan dan merendahkan sang dewa. Selan itu, menurut kepercayaan kuno, air melambangkan kekayaan, sehingga tidak boleh dibuang-buang saat tahun baru Imlek.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Jasa Bersih-Bersih Kasur, Tidur Makin Nyenyak dan Nyaman!

Jangan mencuci rambut

Ketika Anda ingin mencuci atau melakukan keramas rambut di hari Imlek, sebaiknya urungkan niat tersebut. Tak hanya barang-barang di rumah saja, tapi rambut juga dilarang untuk dibersihkan saat Imlek.

Dikutip dari China Highlights, kata “rambut” dalam bahasa Mandarin memiliki pengucapan yang sama dengan kata “kaya”, sehingga mencuci rambut saat Imlek berarti mencuci bersih semua keberuntungan dan rezeki di tahun baru.

Itulah beberapa mitos dan kepercayaan seputar kebersihan rumah saat Imlek yang perlu Anda ketahui.

Jika membersihkan rumah saat Imlek dilarang, Anda dianjurkan untuk mulai membersihkan rumah beberapa hari setelah Imlek berakhir. Jadi, rumah tetap bersih, rezeki pun turut terjaga. Atau, maksimalkan bersih-bersih rumah beberapa hari sebelum Imlek supaya rumah terlihat cemerlang di tahun baru.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News