Bugar

Jangan Dianggap Sepele! Ketahui 5 Tanda Tubuh Terkena Alergi Obat

Jangan Dianggap Sepele! Ketahui 5 Tanda Tubuh Terkena Alergi Obat

MOMSMONEY.ID - Alergi obat bisa terjadi kepada siapa saja dengan segala usia yang jika tidak diketahui bisa berakibat fatal pada kesehatan tubuh.

Alergi semacam ini merupakan salah satu jenis reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis obat tertentu.  

Reaksi alergi obat biasanya akan muncul secara bertahap sejalan dengan sistem antibodi tubuh untuk menolak obat tersebut. Reaksi ini mungkin tidak langsung muncul setelah minum.

Pada tahap awal, sistem kekebalan tubuh akan menandakan obat tersebut sebagai substansi berbahaya bagi tubuh, lalu mengembangkan antibodi secara perlahan.  

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Inilah Sederet Manfaat Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa tanda seseorang terkena alergi obat yang perlu Anda ketahui agar tidak sampai membahayakan kesehatan, antara lain:  

Ruam kulit

Tanda seseorang terkena alergi obat yang pertama adalah ruam kulit. Terkadang ruam tersebut disertai dengan rasa gatal di kulit. 

Ruam kemerahan atau bentol-bentol akan muncul di kulit seperti terkena gigitan serangga tetapi dalam jumlah yang banyak.   

Sesak napas

Tanda seseorang terkena alergi obat yang kedua adalah sesak napas. Sesak napas juga dapat disebabkan oleh alergi obat.

Sesak napas terjadi karena saluran pernapasan juga memberikan reaksi alergi. Selain bengkak, lendir juga dapat menyebabkan sesak napas.  

Demam

Tanda seseorang terkena alergi obat yang ketiga yaitu mengalami demam berkepanjangan beberapa saat setelah meminumnya.

Demam akan muncul sebagai salah satu jenis pertahanan dari antibodi, karena tubuh telah dimasuki oleh zat-zat yang secara alamiah ditolak oleh tubuh karena tidak cocok.  

Baca Juga: Ampuh Meredakan Nyeri Haid dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Rasa gatal

Tanda seseorang terkena alergi obat yang selanjutnya adalah rasa gatal pada tubuh. Tidak jarang rasa gatalnya disertai rasa panas dan juga perih saat digaruk.  

Pembengkakan pada tubuh

Tanda seseorang terkena alergi obat yang terkahir bisa menyebabkan pembengkakan tubuh. Pembengkakan terjadi pada beberapa kasus alergi obat. 

Bagian yang biasanya mengalami bengkak yaitu bagian muka sampai leher. 

Mata juga dapat tertelan oleh pipi yang bengkak, sehingga lama sekali untuk kembali menjadi normal. Ada juga yang mengalami alergi obat sehingga bengkak di sekujur tubuh.

Itulah beberapa tanda seseorang terkena alergi obat yang perlu Anda ketahui agar bisa mengantisipasinya dan tidak sampai membahayakan kesehatan tubuh lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News