HOME, Bugar

Jangan Buru-Buru Dibuang, Inilah Kulit Buah yang Memiliki Manfaat Baik untuk Kulit

Jangan Buru-Buru Dibuang, Inilah Kulit Buah yang Memiliki Manfaat Baik untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya daging buahnya saja, kulit buah juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit. Kandungan di dalam kulit buah ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Melansir dari natur-e.co.id, ada beberapa kulit buah yang dipercaya mampu memberikan manfaat untuk kecantikan kulit. Anda bisa membuatnya menjadi masker wajah ataupun scrub badan. Yuk, cari tahu apa saja kulit buah tersebut : 

1. Jeruk

Kulit buah pertama yang baik untuk kulit yaitu jeruk. Kulit jeruk mengandung senyawa fitonutrien dan flavonoid yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Anda bisa membuat masker wajah dan scrub badan dari kulit jeruk ini. Pada masker wajah, parutkan kulit jeruk dan campurkan dengan madu.

Selanjutnya oleskan masker tersebut ke kulit wajah Anda, diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih. Masker ini memberikan manfaat untuk mencegah penuaan dini, membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih. Sedangkan pada scrub tubuh, membuatnya juga tidak sulit.

Ambil parutan kulit jeruk dan campurkan dengan madu, minyak kelapa dan sedikit gula. Gosokkan dengan gerakan melingkar yang lembut ke area kulit yang cenderung kasar dan berwarna gelap seperti leher, siku dan lutut. Biarkan selama 30 menit untuk memberi waktu bagi kandungan vitamin C di dalamnya bisa meresap ke dalam kulit.

2. Pisang

Kulit buah selanjutnya adalah pisang. Ternyata kulit pisang mengandung antioksidan fenolik yang mampu menyamarkan flek hitam dan antibakteri yang mengatasi jerawat.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada area kulit yang bermasalah dan ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Masa Kehamilan

3. Mangga

Selanjutnya, kulit mangga juga bisa Anda manfaatkan untuk perawatan kulit. Kulit mangga mengandung karotenoid yang tinggi yang mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C dan E bermanfaat untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, sunburn hingga mencegah penuaan dini. Cara merawat kulit dari kulit mangga sama dengan kulit pisang, cukup gosokkan kulit mangga bagian dalam langsung pada bagian wajah, diamkan sejenak baru bilas hingga bersih.

4. Semangka 

Kulit buah yang memiliki manfaat baik untuk kulit selanjutnya adalah semangka. Buah yang mengandung banyak air ini, ternyata kulitnya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Kulit semangka digunakan untuk membantu menjaga kulit tetap lembap.

Caranya yaitu masukkan kulit buah semangka ke dalam kulkas selama sekitar 10 menit lalu iris tipis dan letakkan di wajah selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan nikmati sensasi segar dan rileks seperti menggunakan sheet mask.

5. Pepaya

Kulit buah yang memiliki manfaat baik untuk kulit lainnya adalah pepaya. Selain buahnya sering dijadikan masker, kulit pepaya mengandung enzim papain yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Anda perlu mengerok bagian dalam kulit pepaya, haluskan dan campur dengan madu. Oleskan campuran ini ke seluruh kulit wajah dan diamkan beberapa menit. Kemudian, bilas hingga bersih dan keringkan. 

Selanjutnya: 5 Cara Menggunakan Skincare Agar Hasilnya Cepat Meresap dan Maksimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News