HOME, Bugar

Jangan Buka Puasa dengan Es Batu, Bisa Mengganggu Kesehatan Lambung

Jangan Buka Puasa dengan Es Batu, Bisa Mengganggu Kesehatan Lambung

MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi minuman dingin setelah seharian penuh tidak minum dan makan apapun justru akan membuat lambung bekerja dengan lebih lambat.

Terutama mengingat minuman tersebut juga harus disesuaikan dengan suhu tubuh Anda. Banyak terjadi kasus ketika lambung akan terasa kaget apabila Anda langsung minum es saat berbuka puasa.

Jika Anda sangat ingin meminum air yang dingin, sebaiknya tidak memakai es batu atau hanya mengonsumsi minuman dingin biasa saja yang tidak terlalu berbeda dengan suhu tubuh.

Minuman manis seperti teh manis hangat adalah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka, karena akan segera mengembalikan kadar gula darah yang sempat menurun selama Anda berpuasa seharian.

Baca Juga: Konsumsi Saat Buka Puasa! Inilah Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Di samping itu, dengan meminum minuman dingin bukan berarti tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik. Apabila pada saat tubuh sedang tidak puasa, mengonsumsi minuman dingin memang tidak terlalu bermasalah.

Namun pada saat berpuasa, minuman yang dingin harus disesuaikan dulu sebelum dapat dicerna oleh tubuh, termasuk kandungan cairan dalam tubuh. 

Hal ini dapat menyebabkan proses hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh menjadi lebih lama apabila dibandingkan dengan minum minuman biasa. Akibatnya, tubuh pun akan semakin lama mengalami dehidrasi.

Daripada Anda meminum minuman dingin, sebaiknya Anda mengonsumsi minuman hangat saja saat berpuasa yang dapat menjaga gerakan peristaltik pada saluran pencernaan.

Gerakan peristaltik merupakan gerakan pada otot-otot saluran pencernaan yang memiliki bentuk layaknya gelombang dan mampu membuat makanan bergerak semakin masuk ke dalam saluran pencernaan. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Tidak hanya mengganggu gerakan peristaltik, minum es saat berbuka puasa juga akan cenderung membuat Anda cepat merasa kenyang.

Padahal, saat berbuka inilah Anda seharusnya mendapatkan nutrisi dari berbagai makanan setelah seharian tidak mendapatkan asupan apapun.

Terlepas dari air dingin atau air hangat, hal terpenting saat berbuka adalah memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan karena berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal yang perlu diingat adalah kurangi konsumsi air dengan tambahan pemanis atau gula maupun bahan lain, yang bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News