Keluarga

Jangan Biarkan Kucing Peliharaan Anda Keluar dari Rumah

Jangan Biarkan Kucing Peliharaan Anda Keluar dari Rumah

MOMSMONEY.ID - Mirip seperti mengasuh anak, memelihara hewan seperti kucing di rumah juga memiliki beberapa “gaya” yang berbeda.

Misalnya, ada pemilik kucing yang secara ketat menjaga peliharaannya supaya tetap di dalam rumah, tapi ada juga pemilik kucing yang membiarkan kucingnya berkeliaran di luar rumah tanpa pengawasan.

Alasan keduanya pun beragam. Ada yang khawatir dengan keselamatan kucingnya di luar rumah, ada pula yang tidak ingin kucingnya bosan dan kurang aktif karena terlalu banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Alasan-alasan tersebut pada dasarnya masih bisa dimaklumi. Namun, kucing peliharaan idealnya tetap dijaga supaya berada di dalam rumah dan jangan dibiarkan keluar rumah sembarangan.

Nah, kira-kira mengapa kucing peliharaan sebaiknya jangan dibiarkan keluar rumah? Merangkum The Spruce Pets dan International Cat Care, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Ras Kucing Paling Mahal di Dunia, Berani Memeliharanya?

Mengontrol kebiasaan dan kondisi kesehatannya

Terkadang, kondisi kesehatan kucing peliharaan perlu dipantau dan dikontrol karena beberapa alasan tertentu, misalnya karena perubahan kebiasaan buang air atau kebiasaan makan.

Jika si kucing menghabiskan banyak waktu di luar rumah, Anda sebagai pemiliknya tentu akan sulit memantau pergerakannya dan tidak bisa memperhatikan jika ada masalah dengan kesehatannya.

Terhindar dari penularan penyakit

Sebagai makhluk hidup, kucing tentu tidak 100% imun terhadap berbagai penyakit. Faktanya, kucing yang dibiarkan berkeliaran di luar rumah justru lebih berisiko tertular berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, seperti FIV, panleukopenia, hingga rabies.

Selain itu, ada beberapa parasit merugikan yang bisa mengganggu kesehatan si kucing, misalnya kutu, jamur, dan cacing pita. Parasit dan penyakit tersebut bisa didapat si kucing jika berinteraksi dengan kucing lainnya di luar rumah.

Baca Juga: Fakta Seputar Kucing Russian Blue, Tenang dan Suka Bermain!

Memastikan keamanannya

Pasti Anda sering mendengar cerita kucing yang mati tertabrak kendaraan, kucing yang sembarangan diambil oleh orang tidak bertanggungjawab, hingga kucing yang kesakitan karena diganggu oleh manusia maupun hewan lain.

Beberapa hal tersebut kerap terjadi jika si kucing dibiarkan berkeliaran di luar rumah. Jadi, dengan menjaga si kucing tetap di dalam rumah, Anda bisa meminimalisir risiko-risiko di atas dan memastikan keamanannya.

Tidak mengganggu lingkungan sekitar

Kucing peliharaan yang dibiarkan keluar rumah dan berkeliaran terkadang bisa menimbulkan konflik dengan tetangga, misalnya jika si kucing buang kotoran atau mencuri makanan di rumah si tetangga.

Selain itu, kucing yang berada di luar rumah juga bisa mengganggu lingkungan sekitar saat mengeong keras-keras, bertengkar, bahkan menyerang hewan atau manusia yang lewat. Dengan menjaga si kucing tetap di dalam rumah, lingkungan sekitar akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing peliharaan sebaiknya jangan dibiarkan berkeliaran di luar rumah. Jika tetap ingin mengajak si kucing ke luar ruangan, pastikan si kucing berada di bawah pengawasan Anda supaya tidak sembarangan pergi ke mana-mana.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News