HOME, Santai

Jangan Biarkan Ketombe Menyerang, Ketahui 4 Penyebab Rambut Berketombe

Jangan Biarkan Ketombe Menyerang, Ketahui 4 Penyebab Rambut Berketombe

MOMSMONEY.ID - Ketombe adalah salah satu permasalahan yang umum terjadi pada kulit kepala. Masalah ini bisa terjadi pada semua usia baik pria maupun wanita.

Permasalahan kulit kepala ini bukanlah merupakan sebuah permasalahan yang berat dan berbahaya. Hanya saja ketombe akan menyebabkan rasa gatal dan menganggu penampilan Anda.  

Ketombe diakibatkan oleh kulit kepala yang gatal dan membuatnya mengelupas. Hingga muncullah serpihan-serpihan berwarna putih. Berikut adalah beberapa penyebab rambut Anda berketombe. 

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Serum Bulu Mata, Melentikkan Bulu Mata

Kulit kepala kering

Penyebab ini adalah penyebab utama munculnya ketombe. Kurangnya nutrisi kelembapan pada kulit kepala membuat kulit kepala menjadi kering. Laman Everyday Health menjelaskan bahwa cuaca yang dingin bisa menjadi faktor juga.

Biasanya bentuk dari ketombe ini kering dan kecil-kecil. Ketika dipegang pun tidak akan terasa berminyak. Karena kulit kepala kekurangan kelembapannya.

Jarang membersihkan rambut

Kebiasaan membersihkan rambut dengan shampoo harus dibiasakan paling tidak dua kali seminggu. Agar kulit kepala tetap bersih dan terhindar dari ketombe. Kondisi kulit kepala yang kurang bersih bisa menyebakan gatal dan kemudian muncullah ketombe.

Namun perlu diingat pula untuk tidak terlalu sering mencuci rambut. Agar minyak alami pada kulit kepala tidak hilang dan membuat kulit kepala menjadi kering. Yang tentunya akan memperparah munculnya ketombe di kulit kepala.

Baca Juga: Cegah PCOS, Kelainan Hormon Wanita dengan Tips Ini

Jamur

Kulit kepala ternyata juga bisa memiliki jamur. Biasanya akan muncul pada kulit kepala yang terlalu banyak memproduksi minyak. Karena jamur pada kulit kepala dapat mudah berkembang biak karena minyak.

Biasanya orang-orang dengan kulit berminyak lebih rentan untuk memiliki ketombe. Minyak pada rambut akan dimakan oleh jamur yang menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara alami untuk kelembapan kulit kepala. Hingga membuat munculnnya ketombe dari sisa kulit kepala yang telah mati.

Produk perawatan rambut

Menggunakan produk perawatan rambut yang salah juga menjadi penyebab munculnya ketombe. Kulit kepala akan merespon beberapa zat yang terlalu keras atau tidak cocok dengan munculnya ketombe.

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan rambut dan alat alat untuk menata rambut juga menjadi faktor munculnya ketombe. Karena kulit biasanya akan menjadi kering dan membuat kulit kepala gatal dan muncul ketombe. 

Selanjutnya: Jangan Biarkan Jika Alami Batuk Berdarah, Kenali 14 Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News