HOME, Bugar

Jangan Berlebihan! Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

Jangan Berlebihan! Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

MOMSMONEY.ID - Vitamin E mungkin lebih dikenal banyak orang sebagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Namun tidak hanya untuk kulit, vitamin E juga penting untuk menjaga fungsi dan perkembangan tubuh, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata. 

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin ini dengan mengonsumsi makanan seperti kacang almond, biji bunga matahari dan alpukat, atau bisa juga dengan meminum suplemen. 

Walaupun kaya manfaat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tetap tidak baik untuk kesehatan, tidak terkecuali dengan vitamin E. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Inilah 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Cepat Naik

Dilansir dari Everyday Health, inilah beberapa akibat buruk jika kelebihan vitamin E untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

1. Meningkatkan risiko osteoporosis

Akibat buruk jika kelebihan vitamin E yang pertama adalah bisa meningkatkan risiko osteoporosis. 

Kadar vitamin tersebut yang terlalu tinggi akan meningkatkan efek alfa-tokoferol, sehingga kekuatan tulang menjadi menurun dan menyebabkan tulang keropos.   

2. Meningkatkan risiko terkena kanker prostat

Akibat buruk jika kelebihan vitamin E yang kedua adalah bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Vitamin E memang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. 

Namun setelah diteliti, mereka yang mengonsumsi vitamin E dalam dosis tinggi berisiko lebih besar hingga 17% terkena penyakit kanker prostat. 

3. Pembengkakan

Akibat buruk jika kelebihan vitamin E yang ketiga bisa mengakibatkan pembengkakan. Biasanya pembengkakan terjadi pada bibir, lidah dan wajah.

Bukannya makin cantik, mengonsumsi suplemen vitamin E secara berlebihan malah bisa menimbulkan pembengkakan.

Baca Juga: Selain Nikmat, Inilah Beberapa Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi

4. Mengganggu sistem imun tubuh

Akibat buruk jika kelebihan vitamin E yang keempat dapat mengakibatkan sistem imun tubuh terganggu.

Makanya tidak jarang orang yang minum suplemen vitamin ini secara berlebihan cenderung mudah terserang penyakit. 

5. Kematian

Akibat terburuk kelebihan vitamin E adalah kematian. Hal ini disebabkan karena asupan vitamin yang tinggi dapat menyebabkan pendarahan, sehingga berujung pada kematian. 

Pada kenyataannya, tubuh manusia sudah cukup mendapatkan asupan makanan yang menjadi sumber vitamin Edari kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayur-sayuran berdaun hijau. 

Maka dari itu, suplemen sebenarnya hanya diperbolehkan untuk orang-orang yang benar-benar mengalami defisiensi vitamin E. 

Bila Anda khawatir atau ingin mengonsumsi suplemen, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi guna memastikan keamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News