HOME, Keluarga

Jangan Asal Tanam, Pot Terlalu Besar Bisa Membuat Pertumbuhan Tanaman Tak Seimbang

Jangan Asal Tanam, Pot Terlalu Besar Bisa Membuat Pertumbuhan Tanaman Tak Seimbang

MOMSMONEY.ID - Pot tanaman berfungsi sebagai wadah tanaman untuk tumbuh. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak asal memilihkan pot untuk tanaman Anda, apalagi mengenai ukurannya. Sebab, ukuran pot yang salah dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman Anda.

Jika Anda mengira menanam di pot yang lebih besar dari ukuran tanaman adalah hal yang baik, sayangnya Anda keliru. Ini disebut sebagai Overpotting, yakni istilah untuk menyebut keadaan pot lebih besar daripada tanaman.  

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Keuntungan Menanam dengan Teknik Hidroponik

Dilansir dari Simplifyplants.com, jika Anda menempatkan tanaman dalam pot terlalu besar, Anda akan menghadapi beberapa masalah pertumbuhan yang signifikan. Alasannya, tanaman tidak akan mampu menyerap nutrisi yang sesuai dari tanah.

Di samping kesulitannya menyerap nutrisi, tanaman yang lebih kecil mungkin akan menyerap nutrisi lebih cepat yang mana itu tak sesuai dengan waktunya. Ini menyebabkan tanaman tumbuh terkulai, menguning, dan menggugurkan daunnya. Ini adalah akibat yang ditimbulkan dari kelebihan nutrisi pada tanaman.

Beberapa tanaman juga akan mengalami pertumbuhan tidak seimbang. Tanaman yang terlalu fokus menyerap nutrisi akan menghabiskan energi mereka untuk menumbuhkan akar, alih-alih bagian penting seperti daun untuk berfotosintesis dan bunga untuk pembuahan. Bisa dibilang, pertumbuhan mereka jadi terhambat karena ini.

Selain itu, tanah yang berlebih karena menyesuaikan ukuran pot, juga akan menahan banyak air yang dapat menyebabkan busuk akar dan masalah hama lainnya pada tanaman. Apalagi jika kebetulan Anda memilih tanaman yang tak menyukai kelembapan seperti kaktus dan sukulen. Ini akan membuat mereka mati lebih cepat.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Hias di Musim Hujan

Namun, memilih pot terlalu kecil juga sama buruknya dengan pot yang kebesaran. Jika pot terlalu kecil, maka nutrisi yang ada di dalam tanah akan lebih cepat habis diserap tanaman. Masalah lain akan datang, seperti kekurangan nutrisi, akar terikat dengan pot, dan pertumbuhan tanaman terhambat karena tidak cukup ruang untuk tumbuh. Misalnya, tanaman berbuah akan sulit berbuah dalam pot yang kekecilan.

Pemilihan ukuran pot harus didasari oleh jenis tanaman, karakteristiknya, dan seberapa besar tanaman itu maksimal akan tumbuh. Dengan pertimbangan ini, Anda tidak akan mengalami masalah yang akan merugikan Anda.

Sebagai tambahan, Anda perlu mengetahui bagaimana proses tanaman itu tumbuh. Pertama-tama, tanaman secara alami akan mengembangkan akarnya. Setelah pertumbuhan akar cukup, tanaman akan fokus menumbuhkan bagian atas, yakni batang, daun, dan bunga. Pertumbuhan ini tidak akan sempurna bila Anda menempatkannya di ukuran pot yang salah. 

Selanjutnya: Bingung Mencari Pot Tanaman yang Cocok? Ini 5 Rekomendasi Jenis Pot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News