Santai

Jangan Asal Santap, Ada 4 Etika Penting Makan Sushi Ala Jepang

Jangan Asal Santap, Ada 4 Etika Penting Makan Sushi Ala Jepang

MOMSMONEY.ID - Sebelum menyantap sushi, kenali etika cara makan sushi ala Jepang yang benar berikut ini.

Sushi merupakan makanan asal Jepang yang sudah memiliki popularitas mendunia. Mulai berbagai varian menu hingga rasa yang khas membuat sushi memiliki banyak penggemar.

Makanan yang mudah ditemukan di mana-mana ini terdiri dari nasi yang dibentuk dalam bentuk roll bersama dengan lauk. Isian makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah di masak merupakan ciri khas sushi.

Walau bentuknya kecil dan mini, namun tahukah bahwa ada etika makan sushi yang sebaiknya diperhatikan sebelumnya? Simak beberapa daftarnya ini, yuk.

Baca Juga: 5 Kafe Pastry dan Bakery Populer di Malang, Bikin Ketagihan dan Wajib Coba Semua

Memilah bagian sushi

Memakan sushi dengan cara memilah bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sushi merupakan makanan yang dimakan bersamaan dalam sekali suap saja.  

Maka dari itu jangan memisahkan bagian sushi untuk dimakan secara terpisah. Karena hal tersebut dapat dianggap merusak keindahan dari sushi yang telah susah payah dibuat oleh chef.

Penggunaan sumpit

Sushi sebenarnya dapat dimakan dengan menggunakan tangan maupun sumpit, keduanya merupakan etika makan sushi yang dibenarkan. Yang paling penting sushi harus dimakan dalam sekali suap saja.

Selain itu, ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin makan sushi dengan menggunakan sumpit. Melansir dari halaman Thrillist, menggosokkan dua bagian sumpit kayu secara bersamaan sebaiknya dihindari.

Hal itu akan dianggap bahwa restoran tersebut menyediakan kualitas sumpit yang buruk bagi pelanggannya.

Baca Juga: Sekilas Terlihat Mirip, Inilah 4 Kunci Utama Perbedaan Cupcake dan Muffin

Mencampur wasabi dengan soy sauce

Etika makan sushi yang satu ini sebaiknya menjadi hal yang perlu dihindari, ya. Hindari untuk mencampur wasabi dengan soy sauce saat sedang menikmati sushi. Karena beberapa sushi ada yang sudah mengandung wasabi di dalamnya.

Sebaiknya pisahkan wasabi dan soy sauce di wadah terpisah untuk menikmatinya.

Penggunaan soy sauce

Menurut laman Japan Guide, penggunaan soy sauce dalam jumlah sedikit juga sangat dianjurkan. Sebab budaya Jepang menganggap membuang sisa makanan bukanlah hal yang baik.

Saat memakan nigiri sushi sebaiknya memberikan soy sauce pada bagian ikan agar saus tersebut tidak meresap ke nasi. Pada jenis gunkan sushi, ada baiknya untuk menuangkan soy sauce di atasnya dari pada mencelupkan sushi pada soy sauce.

Itulah tadi beberapa etika makan sushi yang sebaiknya mulai diperhatikan sebelum menikmati sushi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News