HOME, InvesYuk

Jangan Asal Investasi, Ini Pilihan Yang Cocok Untuk Pemula

Jangan Asal Investasi, Ini Pilihan Yang Cocok Untuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Banyak pemula yang asal-asalan dalam berinvestasi. Padahal ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan mengalokasikan dana Anda ke dalam beragam portofolio. 

Lusiana Darmawan, perencana keuangan OneShildt menekankan bahwa jangan terburu-buru untuk langsung berinvestasi.

"Cek dulu kesehatan keuangan. Apakah arus kas sudah sehat? Punya surplus (pemasukan - pengeluaran)? Sudah punya dana darurat? Punya proteksi kesehatan/jiwa yang memadai?" kata Lusiana.

Baca Juga: Investor Pemula Hindari Trading Saham Apalagi Sampai Berhutang

Ia mengingatkan ketika pondasi kesehatan keuangan sudah dimiliki atau dibangun maka tentukan dahulu tujuan keuangan. Lantas, mengecek profil risik dan baru mulai berinvestasi.

Sebaiknya pilih investasi sesuai profil risiko dan jangka waktu pencapaian tujuan keuangan. Disamping itu pilih instrumen investasi yang kita pahami produknya, risiko dan imbal hasilnya.

"Untuk pemula, bisa mulai mempelajari instrumen investasi seperti deposito, emas, reksa dana dan obligasi negara, reksadana" kata Lusiana

Untuk reksadana kelebihannya adalah  ada manajer investasi yang mengelola dana. Dengan begitu kita bisa mempelajari prospektus dan fund fact sheet. Ada baiknya menyesuaikan jenis reksadana dengan jangka waktu pencapaian tujuan keuangan. Selain itu reksadana bisa dimulai dengan modal minimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News