Keluarga

Jangan Asal! Begini Cara Mencuci Jas Hujan Supaya Awet

Jangan Asal! Begini Cara Mencuci Jas Hujan Supaya Awet

MOMSMONEY.ID - Apapun jenis jas hujan Anda, tentu ada cara khusus untuk membersihkannya. Apalagi jika jas hujan Anda terbuat dari bahan yang mudah rusak.

Jika Anda mencuci jas hujan dengan tepat, baik itu terbuat dari plastik poncho atau jas hujan khusus yang dibuat oleh para desainer, ini akan menentukan keawetan jas hujan Anda. 

Sebelum mencuci jas hujan Anda, sebaiknya baca label yang tertera pada jas hujan. Melansir The Spruce, ada beberapa jas hujan yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, hanya bisa dicuci secara manual atau hanya bisa dibersihkan di beberapa bagian tertentu. 

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

Pada umumnya, cara membersihkan jas hujan bisa menggunakan detergen yang memiliki kandungan ringan, air dingin hingga hangat atau menggunakan metode air-dry. Anda perlu membersihkan jas hujan apabila telah kotor atau setelah Anda gunakan sebanyak 20 kali atau sebulan sekali. 

Begini cara mencuci jas hujan yang tepat
Alat yang dibutuhkan antara lain mesin cuci, ember, kain mikrofiber berwarna putih, pengering baju, gantungan baju, dan jemuran. Bahan yang dibutuhkan detergen, penghilang noda berbasis enzim dan sabun cuci piring. 

Langkah yang harus dilakukan:

  1. Sebelum mulai mencuci jas hujan, Anda sebaiknya membaca label perawatan pada jas hujan. Beberapa jas hujan hanya disarankan menggunakan metode dry-cleaning.
  2. Untuk jas hujan terbuat dari vinyl atau plastik, gunakan kain mikrofiber yang lembap kemudian beri sedikit detergen atau sabun cuci piring. Kemudian gosok pada bagian jas hujan yang kotor. 
  3. Untuk jas hujan kain tenun, bersihkan noda dengan pembersih noda berbasis enzim dan sedikit detergen. Gosokan pada noda dan diamkan 10 menit. 
  4. Kemudian cuci jas hujan secara manual atau menggunakan mesin cuci sesuai dengan panduan pada label. Sebaiknya menggunakan air dingin hingga hangat.
  5. Keringkan jas hujan dengan menggantungnya menggunakan gantungan baju yang kokoh. 

Baca Juga: Kenali 5 Bahan Alami di Produk Body Care yang Bermanfaat untuk Kulit

Demikian cara mencuci jas hujan dengan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News