Bugar

Jangan Anggap Remeh Kesehatan Otak pada Milenial dan Gen Z

 Jangan Anggap Remeh Kesehatan Otak pada Milenial dan Gen Z

MOMSMONEY.ID - Pandemi membawa dampak pada kesehatan orang terutama otak. Padahal otak menjadi organ penting dalam mengendalikan seluruh tubuh. 

Berdasarkan sebuah penelitian dari Deloitte,  Millenial dan Gen Z tercatat sebagai orang yang memiliki kecemasan lebih tinggi dibandingkan generasai lain seperti Baby Boomers dan Gen X sejak pandemi Covid19. Sejak 2020 lalu, tercatat bahwa Milenials dan Gen Z berjenis kelamin wakita memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. Ada pun kecemasan pada wanita Milenial sebesar 44,3% sedangkan wanita Gen Z sebesar 52,3%. Sisanya adalah dari pria milenial dan pria Gen Z. 

Salah satu yang menyebabkan kecemasan Milenial dan Gen Z berasal dari media sosial . Diantaranya adanya tuntutan gaya hidup terkait pekerjaan serta kebutuhan finansial yang sering digambarkan dalam berbai media sosial.

Baca Juga: Cermati Cara Mengenali Depresi pada Anak Akibat Bullying

Padahal dalam usia-usia tersebut, fungsi otak. dalam diri mereka sedang mengalamai tahap perkembangan. Alhasil, Milenial dan Gen Z dianggap sulit untuk memggunakan penalaran dalam bertindak dengan keyakinan pada diri sendiri serta mengambil risiko dan keputusan yang tepat.

Stress Management Indonesia menwarakan solusi dengan menyiapkan buku Stress Discovery Book berjudul Self Love Journaling. Dalam siaran pers yang diterima Momsmoney, buku untuk menulis jurnal ini berisi soal tips, kata motivasi, serta pertanyaan mendalam terkait kehidupan di masa kecil dan keluarga.

Menurut Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia, dengan adanya buku ini diharapkan para MiIlenial dan Gen Z bisa mengisi buku terebut guna meluapkan perasaan dan pikiran mereka. Dengan begitu bisa membangun verisi diri mereka lebih baik kedepannya.

Lanjutnya, dengan menulis jurnal-jurnal secara rutin, sebenarnya bisa mereka bisa mengidentifikasi penyebab apa yang membuat mereka sedih, cemas maupun kesal. Harapannya, dapat menjadi pribadi yang lebih tenang tenang, selalu bersyukur dan bahagia.

Sekarang ini, banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk curhat. Padahal belum tentu menemukan solusi dan perhatian dari yang melihat dan membacanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News