HOME, Bugar

Jalan Santai Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Jalan Santai Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Selain mengganggu penampilan, kelebihan berat badan berisiko mendatangkan penyakit. Persoalannya memang tidak mudah menurunkan berat badan yang berlebih.  

Tidak cukup hanya dengan diet, menurunkan bert badan juga harus diimbangi dengan aktivitas olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh. Tentunya, dua hal itu harus dilakukan secara konsisten dan terus menerus tanpa mengenal kata lelah.

Nah, khusus pilihan aktivitas olahraga, tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat. Olah raga ringan, seperti jalan kaki pun bila dilakukan secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan.

Bahkan terbukti, ini salah satu cara termudah dan efektif yang bisa menurunkan berat badan, lo. Dilansir dari Times of India, bila Anda lakukan pola ini secara rutin pastinya Anda bisa membakar lebih banyak kalori.

Untuk hasil lebih maksimal dalam masa penurunan berat badan, Anda harus berjalan setidaknya lima kali seminggu selama 30 menit. Prisipnya, small step tapi rutin.

Mulanya Anda bisa berjalan kaki selama 20 menit. Lalu ketika berhasil melakoni selama dua minggu, intensitasnya nakkan menjadi 30 menit dengan frekuensi tiga kali seminggu.

Setelah terbiasa, bisa dilakukan lima kali seminggu atau bisa juga setiap hari, dan Anda bisa merasakan manfaat besar bagi kesehatan.

Sebagai gambaran, menurut studi tahun 2013, berjalan di treadmill selama 15 menit setelah makan dapat mengontrol lonjakan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

Kebanyakan berat badan jadi naik karena lonjakan kadar gula darah. Studi lain juga mengungkapkan bahwa berjalan beberapa mil setelah makan dapat membantu memproses makanan dengan mudah pada sistem pencernaan dan bahkan mempercepat proses pencernaan, lo.

Tentunya, selain memulai bergerak dengan intensitas ringan, Anda juga secara perlahan mengubah pola makan. Perbanyak asupan buah dan protein dan kurangi asupan lemak serta karbohidrat.

Baca Juga: Tips Tetap Sehat dan Bahagia di Rumah saja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News