HOME, Bugar

Jahe Merah Konon Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jahe Merah Konon Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

MOMSMONEY.ID - Berbicara tentang tanaman herbal jahe, khususnya jahe merah sebenarnya tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur saja. Sebab sejak zaman dahulu, tanaman herbal ini sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Salah satu manfaat jahe merah yang paling ampuh adalah untuk menghangatkan tubuh. Jahe merah masuk dalam anggota Zingiberaceae.

Dengan kata lain, jahe merah masih berkerabat dengan tanaman herbal lain, seperti kencur, kunyit, dan lengkuas. Jahe memiliki cita rasa yang pedas dan bersifat hangat. Umumnya jahe merah dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas. 

Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, karya Arief Hariana, jahe merah mengandung gingerol, limonene, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. Kandungan dalam jahe ini diklaim ampuh untuk menghangatkan tubuh dan meningktakan imunitas dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Konsumsi jahe merah secara rutin banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain kedua zat tersebut, jahe merah juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Jahe merah menjadi tanaman herbal ajaib meningkatkan imunitas di saat pandemi.

Jahe merah dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas alias daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa menyiapkan beberapa bahan tambahan di bawah ini.  

  • Jahe merah 20 gram 
  • Temulawak 20 gram 
  • Lempuyang wangi 20 gram 
  • Biji ketumbar 10 gram 

Baca Juga: Mengontrol gula darah, ini 9 manfaat kayu manis untuk kesehatan

Cara membuat 
Cuci sampai bersih jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi. Setelah itu keringkan seluruh bahan tersebut.  Selanjutnya, tumbuk semua bahan sampai halus atau berubah bentuk menjadi bubuk.  

Seduh satu sendok makan bubuk obat herbal tersebut dengan 1/2 gelas air panas. Anda bisa tambahkan madu dan aduk rata lalu minum dengan segera. Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari.  

Selanjutnya: Awas, Ini 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News