HOME, Santai

Jaga Kesehatan Organ Intim Wanita Dengan Makanan Ini

Jaga Kesehatan Organ Intim Wanita Dengan Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Banyak manfaat dari makanan yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Selain menjaga kesehatan tubuh dan kulit, bagian organ vital wanita atau vagina juga memerlukan perhatian dan perawatan. Mengkonsumsi makanan yang memiliki manfaat bagi vagina dapat menjaga kesehatan vagina dari dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi kesehatan vagina dapat mengurangi rasa kram yang terjadi saat haid, melawan infeksi, dan menjaga kondisi vagina dalam kondisi normal.

Makanan-makana berikut ini wajib Anda masukan dala menu harian ya Moms, agar vagina tetap dalam kondisi yang baik, subur, dan jauh dari bakteri buruk.

Baca Juga: Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memperburuk Anxiety, Yuk Cari Tahu

Probiotik

Melansir dari laman Health Line, probiotik dipercaya memiliki banyak kandungan bakteri baik yang dapat membantu menyeimbangkan kadar pH pada vagina dan melawan bakteri jahat. Di samping itu, dengan mengkonsumsi probiotik, infeksi jamur pada vagina juga dapat dilawan. 

Makanan seperti kimchi, yogurt, dan the kombucha memiliki banyak probiotik yang dapat mempertahankan jumlah bakteri baik pada vagina. 

Ubi

Ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi untuk membantu memperkuat jaringan otot dinding rahim dan vagina. Disamping itu, kesuburan vagina juga dapat meningkat, membantu produksi hormon seks, dan bagus untuk melawan PCOS.

Jahe

Melansir dari laman Health jahe bermanfaat sebagai anti inflamasi, jahe dapat meredakan nyeri saat PMS atau menstruasi. Jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meningkatkan respon kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Jahe segar dapat Anda campurkan pada makanan baik minuman untuk dapat Anda konsumsi setiap hari. 

Bawang putih

Sebagai makanan antimikroba, bawang putih dapat membantu melawan infeksi jamur yang dapat terjadi di vagina. Selain itu, bawang putih mengandung prebiotic yang dapat membantu menyeimbangkan kadar keasaman atau pH vagina.

Cranberi

Baik dalam bentuk jus atau pil, sari buah cranberi memiliki manfaat untuk membersihkan bakteri pada saluran kencing. Bakteri tersebut membuat dapat mengakibatkan terjadinya infeksi saluran kencing yang tentunya berbahaya bagi kesehatan vagina.

Mengkonsumsi buah cranberi utuh juga disarankan untuk menghindari adanya tambahan pemanis buatan dan pengawet pada cranberi.

Selanjutnya: Ketahui Waktu Yang Tepat Untuk Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News