HOME, Santai

Jaga Kesegaran Rempah-Rempah Ini Dengan Cara Yang Benar

Jaga Kesegaran Rempah-Rempah Ini Dengan Cara Yang Benar

MOMSMONEY.ID - Memiliki banyak simpanan rempah-rempah atau bumbu dapur menjadi hal wajib ketika Anda adalah pribadi yang menyukai memasak. Memiliki tanaman rempah-rempah di rumah menjadi pilihan yang dilakukan untuk mengurangi waktu belanja Anda. Sehingga tentunya Anda akan memiliki banyak waktu untuk memasak.

Menyimpan rempah-rempah di rumah tentu saja bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menyimpan rempah-rempah dengan benar. Dengan mengetahui cara untuk menyimpan rempah-rempah maka rempah-rempah akan terjaga dalam waktu yang lebih lama.

Berikut ini ada beberapa cara yang telah dirangkum Momsmoney untuk menyimpan rempah-rempah atau bumbu dapur agar bumbu dapur Anda dapat bertahan dengan lebih lama. 

Baca Juga: Bikin Kenyang! Ini Dia Makanan Rendah Kalori Tapi Bikin Awet Kenyang

Serai

Serai atau lemon grass ini adalah rempah yang memiliki aroma segar seperti lemon dan citrus. Rempah ini dapat Anda gunakan saat Anda ingin memasak masakan Asia, kare, menambah aroma wangi pada nasi, bumbu ungkep, bahkan dapat Anda gunakan untuk sajian teh. 

Cara menyimpan rempah ini juga cukup mudah. Sebelum dimasukkan dalam kulkas, cukup dengan mencuci bersih rempah ini. Lalu bungkus ujung pangkal serai dengan menggunakan tissue dapur yang sudah dibasahi dengan sedikit air. Serai akan bertahan selama 10-14 hari dalam kulkas.

Parsley

Rempah yang dapat Anda gunakan sebagai garnish, saus, dan tambahan pada salad Anda ini termasuk rempah yang banyak digunakan untuk membuat makanan. Tentu saja memiliki cadangan rempah-rempah ini di rumah juga merupakan hal yang biasa. Karena rempah ini sangat mudah dipadukan dengan berbagai jenis makanan.

Untuk menyimpan parsley, Anda dapat menggunakan botol bekas atau toples bekas saja. Setelah Anda cuci bersih, keringkan sebentar parsley Anda dan masukan ke dalam toples Anda. Parsley akan bertahan 7-10 hari dalam kulkas.

Baca Juga: Simak, Ini Peralatan Dapur yang Wajib Anda Miliki

Kemangi

Rempah yang memiliki aroma wangi dan rasa yang manis namun khas ini juga cukup banyak dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan masakan. Dari mulai ayam, daging, ikan, hingga tahu dan tempe dapat disajikan dengan kemangi.

Kemangi juga termasuk mudah dalam penyimpanannya. Cukup masukan kemangi yang sudah Anda cuci bersih pada toples yang tertutup. Maka kemangi akan bertahan 7-10 hari.  Anda tak perlu menyimpan kemangi di dalam kulkas, cukup letakkan saja kemangi di dapur dan Anda dapat langsung menggunakannya ketika dibutuhkan. 

Mint

Mint juga termasuk dalam rempah yang mudah untuk disimpan. Dengan memasukan daun mint pada toples dan simpan dalam kulkas. Daun mint akan bertahan selama 7-10 hari. Jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu sebelum menyimpan daun mint ya. 

Cara lain adalah dengan memasukan potongan kecil daun mint pada cetakan es batu dan Anda dapat menuangkan air mineral untuk membuat mint cubes. Atau jika mau, Anda bisa menggunakan minuman soda sebagai pengganti air. Maka Anda bisa langsung menikmati minuman segar dengan waktu singkat.

Selanjutnya: Begini Langkah-Langkah Budidaya Tanaman dengan Sistem Aeroponik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News