HOME, Keluarga

Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa di 5 Kota Besar Hari ini Selasa 12 April 2022

Jadwal Imsakiyah dan Berbuka Puasa di 5 Kota Besar Hari ini Selasa 12 April 2022

MOMSMONEY.ID - Wilayah Indonesia bergitu luas dan terbagi dalam 3 zona waktu. Makanya, waktu berbuka dan imsakiyah di setiap daerah akan berbeda-beda. Perbedaan zona waktu ini membuat ada daerah yang berada di wilayah timur berbuka puasa lebih cepat dibandingkan di wilayah barat ya moms.

Baca Juga: Berat Badan malah Naik Saat Puasa? Ini Penyebabnya

Dalam surat Al Baqarah ayat 187, أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya: Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Baca Juga: 9 Tips Agar Anak Kuat Puasa Ramadan: Pilihan Nutrisi Saat Sahur hingga Hidrasi

Dalam penjelasan ayat diatas dijelaskan bahwa puasa dilakukan hingga datangnya malam atau matahari terbenam. Nah, untuk memudahkan Moms untuk menyiapkan santapan berbuka puasa Momsmoney.id menyediakan informasi jadwal imsakiyah dan berbuka puasa. Informasi kami himpun berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama.

MEDAN

  • Imsak                    04.55
  • Buka puasa         18.35

JAKARTA

  • Imsak                    04.28
  • Buka Puasa         17.56

BANDUNG

  • Imsak                    04.26
  • Buka Puasa         17.56

SURABAYA

  • Imsak                    04.06
  • Buka Puasa         17.32

MAKASSAR

  • Imsak                    04.38
  • Buka Puasa         18.06

Baca Juga: Pahami 7 Tips Perawatan Wajah Saat Puasa Bantu Cegah Kulit Kering

Waktu berbuka puasa adalah ketika matahari terbenam dan adzan maghrib berkumandang. Walaupun selisih waktu antar daerah tidak terlalu banyak, waktu berbuka puasa ini tidak bisa disamakan ya moms. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salla bersabda:

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَا هُنَا ، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَا هُنَا ، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ (رواه البخاري، رقم 1954 ومسلم، رقم 1100)

Artinya: Jika malam menjelang di sini dan siang pergi di sini, dan matahari terbenam, maka orang yang berpuasa hendaknya berbuka (HR. Bukhari, nomor 1954, Muslim, 1100)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News