CLOSE [X]
ads

Jadi Tren, Simak Tips Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 19 September 2021 | 15:05 WIB
Jadi Tren, Simak Tips Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

ILUSTRASI. Bambu Hoki


MOMSMONEY.ID - Tren mendekorasi rumah dengan tanaman hias makin populer sejak pandemi. Apakah Anda termasuk orang yang menekuni hobi tanaman hias ini?

Tanaman hias memang memiliki banyak keuntungan bagi penghuni rumah. Selain dapat menyegarkan ruangan, keberadaan tanaman hias di dalam rumah dapat mempercantik penampilan rumah sehingga enak dipandang. Merawat tanaman hias pun dapat membantu mengusir kejenuhan selama tinggal di rumah.

Namun, mendekorasi rumah dengan tanaman hias tentu tidak boleh sembarangan. Pasalnya, sembarangan menaruh tanaman hias di rumah penataan atau pengetahuan yang tepat bisa menyebabkan tanaman hias mati atau tidak tumbuh seperti seharusnya, sehingga merusak penampilan ruangan.

Dilansir dari Big Beautiful Homes dan Stauffers of Kissel Hill, berikut tips mendekorasi rumah dengan tanaman hias yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Tempat Tidur Kayu, Pertimbangkan Sebelum Membelinya

Mulai dari yang sederhana

Saat memilih tanaman hias untuk dekorasi rumah, ada baiknya Anda memilih tanaman hias sederhana yang mudah dirawat seperti lidah mertua atau spider plant. Selain itu, belilah tanaman dengan jumlah sedikit supaya Anda tidak terlalu kewalahan saat merawatnya. Jika Anda sudah terbiasa merawat tanaman hias, barulah tambahkan tanaman lain sesuai selera.

Sesuaikan dengan gaya interior rumah

Karena akan digunakan sebagai dekorasi rumah, maka Anda perlu memilih tanaman dengan desain yang sesuai dengan gaya interior rumah sehingga terlihat serasi. Misalnya, Anda bisa memilih tanaman dengan bentuk simpel untuk interior rumah modern-minimalis.

Kombinasikan beragam ukuran tanaman

Satu tanaman yang diletakkan begitu saja bisa terlihat membosankan dan memberi kesan sepi pada ruangan. Cobalah menggabungkan sekelompok tanaman dengan ukuran yang berbeda untuk memberi kesan kontras yang cantik dalam ruangan. Anda bisa mengelompokkan tanaman dengan jumlah ganjil (misalnya 3 buah) supaya ruangan terlihat menarik.

Baca Juga: Ide Penggunaan Lampu Tumblr Untuk Dekorasi Kamar Aesthetic ala Pinterest

Tambahkan warna yang beragam

Selain ukuran tanaman yang berbeda, Anda bisa menggunakan tanaman hias dengan variasi warna hijau yang berbeda-beda. Atau, gunakan tanaman berbunga untuk memberi warna cerah yang cantik di dalam ruangan.

Gunakan pot atau wadah tanaman yang unik

Keberadaan tanaman hias di dalam rumah bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menambah dekorasi rumah melalui penggunaan pot atau wadah tanaman dengan desain yang unik. Pilihlah pot dengan material dan desain yang cocok dengan tema interior rumah Anda supaya terlihat serasi.

Perhatikan perawatan tiap tanaman

Karena tanaman hias merupakan makhluk hidup, Anda perlu merawatnya dengan baik. Tiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, misalnya dari segi pencahayaan dan kelembapan. Pastikan Anda melakukan riset soal tanaman hias di rumah Anda untuk mendapatkan panduan merawat tanaman yang benar.

Nah, itulah beberapa tips dasar soal mendekorasi rumah dengan tanaman hias. Bagaimana, siap menambahkan tanaman hias sebagai dekorasi rumah Anda?

Selanjutnya: 5 Ide Keramik Dinding Dapur yang Minimalis dan Cantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru