Keluarga

Jadi Makanan Viral, Ini 7 Manfaat Lotus Root atau Akar Teratai untuk Kesehatan

Jadi Makanan Viral, Ini 7 Manfaat Lotus Root atau Akar Teratai untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Sebelum coba, ketahui dulu 7 manfaat lotus root atau akar teratai untuk kesehatan.

Baru-baru ini, sedang viral di jagad maya khususnya di aplikasi TikTok sebuah makanan bernama oufen atau lotus root soup. Berbahan dasar lotus root atau akar teratai, makanan viral ini memiliki warna yang transparan dan tekstur yang slimy layaknya papeda.

Selain unik, oufen atau lotus root soup juga menyimpan beragam khasiat kesehatan. Hal ini tidak mengherankan mengingat lotus root atau akar teratai memang telah terbukti menyehatkan.

Lebih detail, berikut 7 manfaat lotus root atau akar teratai untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Lybrate dan NDTV. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Amalan Malam Nisfu Syaban yang Sebaiknya Anda Terapkan

Akar teratai

1. Melancarkan pencernaan

Lotus root memiliki serat makanan dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Lotus root mampu membantu mengatasi sembelit sembari memastikan penyerapan nutrisi melalui sekresi cairan lambung yang selanjutnya merangsang gerakan peristaltik atau kontraksi usus pada otot usus untuk memfasilitasi gerakan usus yang mudah dan lancar.

2. Mengatur tekanan darah

Lotus root kaya akan kalium yang merupakan vasodilator. Kalium dapat membantu menjaga cairan dalam tubuh dan bahkan melawan efek natrium.

Kalium juga mampu mampu membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan meningkatkan aliran darah dengan mengurangi kekakuan serta kontraksi pembuluh darah. Pada gilirannya, tekanan pada sistem kardiovaskular akan berkurang.

Baca Juga: 8 Bentuk Payudara yang Umum Dimiliki oleh Wanita, Sudah Tahu Belum?

3. Memperkuat daya tahan tubuh

Lotus root kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Vitamin C sendiri cenderung bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Vitamin C dalam lotus root juga merupakan bagian integral dari kolagen yang membantu menjaga kekuatan serta kekakuan pembuluh darah, kulit, dan organ.

4. Menurunkan berat badan

Tak hanya memiliki kalori yang rendah, lotus root juga mengandung serat makanan yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Itulah mengapa lotus root cocok dikonsumsi saat diet.

Kandungan dalam lotus root juga dapat membantu merangsang sistem pencernaan yang mendorong penurunan berat badan.

5. Mengobati masalah pernapasan

Mengonsumsi lotus root dapat membantu membersihkan sistem pernapasan dan mencegah penularan penyakit pernapasan apapun.

Lotus root memiliki kemampuan menghilangkan lendir yang terkumpul dan meredakan batuk. Bahkan, lotus root juga bisa membantu mengobati penyakit seperti TBC dan asma.

Baca Juga: 7 Kesalahan Mengikat Rambut yang Bikin Rambut Cepat Rusak, yuk Hindari

6. Menjaga kesehatan jantung

Lotus root memiliki komponen tertentu yang sangat bermanfaat bagi jantung. Lotus root mengandung kalium, vasodilator, dan serat makanan yang membantu menghilangkan kolesterol dalam darah.

Plus, lotus root mengandung pyridoxine yang mengontrol kadar homosistein dalam darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

7. Bagus untuk kesehatan mental

Lotus root mengandung vitamin B kompleks dan pyridoxine adalah salah satu komponennya. Pyridoxine membantu mengatur suasana hati dan kesehatan mental secara umum dengan berinteraksi dengan reseptor saraf otak.

Lotus root juga bisa membantu mengatasi gangguan lain seperti sakit kepala, tingkat stres, dan perasaan lekas marah.

Itulah 7 manfaat lotus root atau akar teratai untuk kesehatan yang layak Anda pertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News