Santai

Jadi Lawan FOMO, Coba 4 Tips Terapkan JOMO di Kehidupan Sehari-hari

Jadi Lawan FOMO, Coba 4 Tips Terapkan JOMO di Kehidupan Sehari-hari

MOMSMONEY.ID - Jadi lawan gaya hidup FOMO, apa sih gaya hidup JOMO itu? Yuk, mengenal gaya hidup JOMO dan cara menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tidak mengenal istilah JOMO? JOMO atau joy of missing out) adalah istilah yang digunakan sebagai akronim dari FOMO atawa fear of missing out.

Berbeda dengan FOMO yang selalu lekat dengan perubahan tren, JOMO, menurut laman Psychology Today, adalah perilaku di mana seseorang memilih untuk fokus pada dirinya sendiri dibandingkan dengan mengikuti tren yang sedang populer pada masa kini.

JOMO bisa diperoleh dengan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk bisa menerapkan JOMO dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Tak Hanya Coldplay, 8 Musisi Luar Negeri Ini Bakal Konser di Indonesia Tahun 2023

Digital detox

Tren viral yang memicu FOMO adalah hasil dari terlalu banyaknya exposure dunia digital. Melakukan digital detox juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan dari JOMO.

Media sosial kini banyak menampilkan banyak hal yang memicu timbulnya stres, anxiety, dan pengaruh buruk lainnya. Dengan mengurangi waktu untuk bermain media sosial akan membuat seseorang menjadi fokus dengan dirinya dan koneksinya dengan orang lain.

Selain itu untuk bisa menikmati JOMO, digital detox juga bisa membuat seseorang menjadi lebih terhubung dengan orang terdekatnya lagi.

Berhenti multitasking

Multitasking tentunya merupakan hal baik yang membuat seseorang menjadi mudah melakukan segalanya secara langsung. Namun, hal tersebut malah bisa membawa seseorang menjadi tidak fokus dengan apa yang dilakukan atau dimiliki saat ini.

Laman Psycom menjelaskan, penting untuk menjadi fokus pada kegiatan yang dilakukan saat ini dibandingkan dengan melakukan banyak kegiatan. Karena, hal tersebut bisa memicu timbulnya FOMO dibandingkan JOMO.

Baca Juga: Fokus dan Konsentrasi Menurun? Bisa Jadi Disebabkan 4 Faktor Ini

Menikmati waktu sendiri

Orang-orang dengan kebiasaan FOMO biasanya cenderung tidak bisa menikmati waktu seorang diri dan melakukan segalanya sendirian. Sedangkan untuk bisa menikmati JOMO diperlukan keberanian untuk berani melakukan segalanya seorang diri.

Tak hanya berani namun juga nyaman melakukan segala aktivitas seorang diri adalah cara untuk bisa menikmati JOMO di masa perkembangan teknologi dan berita yang makin cepat ini.

Nikmati saat ini

Salah satu penyebab orang-orang memiliki kebiasaan FOMO adalah karena takut ketinggalan berita atau update suatu tren.

Sementara JOMO adalah sebuah kebiasaan di mana seseorang diajak untuk bisa menikmati waktu yang ada saat ini tanpa ada ketakutan untuk ketinggalan suatu tren.

Melansir dari laman Insider, JOMO akan mengajarkan pada seseorang untuk menikmati momen saat ini dan mencari kebahagiaan.

Bukan cuma itu, JOMO juga mengajarkan seseorang untuk meninggalkan sisi kompetitif dan cemas sehingga bisa mengenali prioritas diri yang sebenarnya.

Itulah tadi gaya hidup JOMO yang jadi lawan gaya hidup FOMO. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News