Keluarga

Jadi Jarang Sakit, Ini 6 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan

Jadi Jarang Sakit, Ini 6 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari yang Sayang untuk Dilewatkan

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 manfaat jalan kaki di pagi hari yang sayang untuk dilewatkan.

Jalan kaki dapat membantu jantung tetap sehat dengan mengelola dan mencegah kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke, menurut Mayo Clinic.

Bahkan, aktivitas fisik yang sederhana ini juga bisa membantu menurunkan berat badan, menurut Harvard Medical School.

Saat dilakukan pada pagi hari, jalan kaki dapat sekaligus menjernihkan pikiran, melepaskan stres, dan meningkatkan suasana hati.

Dilansir dari Oprah Daily, berikut 6 manfaat jalan kaki di pagi hari lebih lanjut yang sayang untuk dilewatkan:

Baca Juga: TIdak Bisa Dianggap Sepele, Ini Sederet Manfaat Ampuh Jalan Pagi untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan sirkulasi

Manfaat jalan kaki di pagi hari yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan sirkulasi.

Sekitar 1 jam sebelum Anda bangun tidur, tekanan darah dan denyut nadi akan mulai naik. Kelenjar endokrin pun akan mulai mengeluarkan hormon termasuk hormon tiroid dalam jumlah yang lebih besar untuk menyiapkan tubuh.

Pada saat-saat seperti itu, jalan kaki di pagi hari sangat dianjurkan. Karena, jalan kaki di pagi hari mampu mengurangi peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Kesehatan jantung pun akan cenderung meningkat pada akhirnya.

2. Meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dan bernapas

Manfaat jalan kaki di pagi hari yang kedua yaitu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dan bernapas.

Selama mendapat persetujuan dari dokter, jalan kaki di pagi hari sangat bermanfaat bagi individu dengan penyakit paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Menurut Sheri Tooley, President dan CEO American Association for Respiratory Care, jalan kaki adalah aktivitas berdampak rendah yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of COPD Foundation menunjukkan, berjalan setidaknya 60 menit per hari mengurangi tingkat rawat inap pasien PPOK hingga 50% dengan 5.000 langkah sebagai tujuan target.

Baca Juga: 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Membedakannya dengan Mudah, Sudah Tahu?

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat jalan kaki di pagi hari yang ketiga yaitu menurunkan tekanan darah. Saat berjalan, detak jantung akan meningkat sekali pun Anda tidak merasakannya.

Secara langsung, detak jantung yang meningkat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Dengan rutin berjalan kaki di pagi hari setelah bangun tidur, itu akan memberikan Anda kesempatan untuk merasakan manfaat tersebut sepanjang hari.

4. Mengurangi risiko alzheimer

Manfaat jalan kaki di pagi hari yang keempat yaitu mengurangi risiko alzheimer. Selain memperkuat otot, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan kesehatan mental, ternyata jalan kaki di pagi hari juga mampu mengurangi risiko penyakit alzheimer.

Dalam ulasan tentang alzheimer pada tahun 2020, para peneliti menemukan studi prospektif selama lebih dari 8 tahun.

Studi tersebut memperlihatkan, wanita yang lebih banyak berjalan mengalami penurunan kognitif yang lebih sedikit selama seluruh periode studi.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan biar Tetap Aktif, Tak Perlu Ke Gym

5. Mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati

Manfaat jalan kaki di pagi hari yang kelima yaitu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health, responden yang berjalan kaki secara teratur atau melakukan latihan fisik lainnya memiliki kesehatan emosional yang lebih baik dibanding yang tidak berolahraga secara teratur.

6. Jarang sakit

Manfaat jalan kaki di pagi hari yang keenam yaitu membuat jarang sakit. Rutinitas jalan kaki di pagi hari sangat bisa mengurangi jumlah hari sakit sepanjang tahun.

Berdasarkan penelitian, orang yang berjalan kaki setidaknya 150 menit per minggu memiliki hari sakit sekitar 40% lebih sedikit.

Itu artinya, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai saat Anda rajin jalan kaki di pagi hari.

Demikian 6 manfaat jalan kaki di pagi hari yang sayang untuk dilewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News