Keluarga

Jadi Buah Khas Imlek, Ini 11 Jenis Jeruk Mandarin yang Bisa Anda Pilih

Jadi Buah Khas Imlek, Ini 11 Jenis Jeruk Mandarin yang Bisa Anda Pilih

MOMSMONEY.ID - Inilah 11 jenis jeruk mandarin yang bisa Anda pilih untuk menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2023.

Salah satu buah khas Imlek yang paling populer adalah jeruk mandarin. Dianggap sebagai pembawa keberuntungan, ternyata jeruk mandarin memiliki banyak jenis lho.

Bisa dijadikan pilihan, berikut 11 jenis jeruk mandarin yang patut Anda tahu sebagaimana dirangkum dari Home Decor.

Baca Juga: Dipercaya Bawa Hoki, Ini 8 Tanaman Khas Imlek yang Sarat Keberuntungan

1. Ponkan

Jeruk mandarin jenis ini memiliki ukuran 7-8 cm dan cenderung montok. Ponkan tergolong jeruk mandarin khas Imlek yang paling populer. Ini mungkin karena ponkan memiliki ukuran yang besar dan kulit yang mudah dikupas.

Selain itu, ponkan juga memiliki tekstur yang segar dan berair serta rasa yang manis dan tajam.

2. Lukan

Lukan memiliki ukuran yang mirip dengan ponkan. Secara keseluruhan, cita rasa lukan lebih lembut daripada ponkan dan bisa sangat manis.

Mudah dikupas, jeruk mandarin jenis ini memiliki kulit yang harum. Untuk teksturnya, kulit lukan cenderung agak kasar, kendur, dan sedikit berkerut.

3. Kinno

Kinno berasal dari Pakistan dan memiliki ukuran 7-8 cm. Saat matang sempurna, rasa dari jeruk mandarin ini bisa sangat manis dan tajam. Sehingga, makan lebih dari satu kinno sekaligus mungkin akan terasa berlebihan.

Jus yang terkandung di dalam kinno tergolong banyak. Wanginya yang aromatik menjadikan kinno bagus untuk membuat minuman dan cocktail atau pun memasak dan membuat kue. Kekurangannya, kinno memiliki banyak biji dan terasa lengket.

4. Swatow

Ukuran swatow kurang lebih sama dengan lukan dan ponkan. Jeruk mandarin yang berasal dari China Selatan ini memiliki kulit yang lebih kasar dan tebal. Alhasil, lebih sulit untuk dikupas.

Selaput bagian dalam swatow cenderung lebih kenyal dan rasanya kurang manis. Dibandingkan jeruk mandarin jenis lain, swatow memiliki umur simpan lebih lama mencapai 2-3 minggu.

5. Tangerine

Disebut juga jeruk keprok, tangerine memiliki lebar 4-5 cm dengan kulit yang kasar dan mengkilap.

Jeruk ini melambangkan hubungan yang kuat antara pemberi dan penerima. Untuk rasanya, tangerine tergolong sangat manis dan rendah asam. Sementara itu, bijinya cenderung sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

6. Mandeo

Mandeo merupakan persilangan antara mandarin, tangerine, dan pomelo dari Amerika Serikat. Mandeo seukuran grapefruit (jeruk bali) dengan kulit kuning kehijauan yang tipis dan lengket.

Sangat manis dan berair, mandeo memiliki kombinasi rasa antara pomelo dan grapefruit. Mandeo memiliki rasa pahit yang bertahan lama namun cukup menyenangkan. Jeruk mandarin jenis ini bagus untuk membuat selai jeruk.

Baca Juga: 50 Ucapan Hari Raya Imlek Bahasa Inggris Penuh Makna untuk Happy Chinese New Year

7. Clementine

Dikembangkan dari varietas mandarin yang dibudidayakan di wilayah Mediterania, clementine terlihat seperti jeruk tangerine besar atau mikan kecil.

Cukup berair, clementine memiliki rasa yang lebih asam daripada tangerine maupun mikan. Kulit clementine mudah dikupas dan tidak memiliki biji. Jeruk mandarin jenis ini sering diimpor dari Eropa dan harganya bisa sangat mahal.

8. Mikan

Mikan atau satsuma merupakan jeruk mandarin kecil dengan ukuran 5-7 cm. Rasanya sangat menyegarkan dengan sedikit keasaman dan rasa manis bunga.

Mikan cenderung mudah dikupas, sangat berair, dan tanpa biji.

9. Dekopon

Dekopon merupakan makanan khas Pulau Jeju, Korea Selatan. Dekopon memiliki kulit yang kasar dan puting yang menonjol.

Aromanya ringan namun kompleks. Dekopon memiliki cita rasa manis asam yang sangat pekat serta berair.

10. Honey murcott

Biasa tumbuh di Australia atau China, honey murcott memiliki lebar sekitar 9 cm. Bentuknya montok dengan kulit yang lengket tapi tipis dan sedikit biji.

Jeruk mandarin ini sangat berair dan rasanya cukup manis serta rendah asam walaupun terkadang hambar. Kendati bernama honey, faktanya jeruk ini tidak memiliki rasa yang sama seperti madu.

11. Seville Orange

Seville orange atau jeruk asam memiliki ukuran sekitar 7 cm dengan kulit berwarna kuning hingga oranye.

Secara tradisional, jeruk mandarin ini digunakan untuk membuat selai, permen, minuman keras, ekstrak, dan parfum. Seville orange tidak cocok dimakan langsung atau mentah mengingat rasa jusnya yang sangat asam dan pahit, bijinya yang banyak, kulitnya yang keras, dan aromanya yang sangat harum.

Itulah 11 jenis jeruk mandarin yang bisa Anda pilih untuk menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News