HOME, InvesYuk

Investasi Lewat Marketplace Praktis, Namun Harus Mengenal Penyedia Produknya

Investasi Lewat Marketplace Praktis, Namun Harus Mengenal Penyedia Produknya

MOMSMONEY.ID -Kemajuan teknologi mendorong menyajikan banyak kemudahan. Termasuk juga berinvestasi yang kini semakin mudah hanya lewat aplikasi marketplace maupun dompet digital. 

Sebut saja ada Tokopedia yang menawarkan emas dan reksadana. Lantas, ada Bukalapak yang juga menawarkan reksadana. Dompet digital semacam OVO juga menawarkan pembelian reksadana lewat aplikasinya.

Bahkan, Gojek yang dikenal sebagai aplikasi transportasi justru kini ikut menawarkan investasi jual beli emas. Tak hanya itu, kredit digital seperti Akulaku juga menawarkan produk investasi berupa peer to peer lending yang bekerja sama dengan perusahaan Asetku. 

Baca Juga: Cara Mudah Beli Asuransi Lewat Traveloka, Mulai Dari Rp 15.000

Menurut Widya Yuliarti, perencana keuangan Komunitas Menyala dengan model tersebut sebenarnya memudahkan konsumen berinvestasi hanya dari rumah saja. Hanya saja, investor harus mengkroscek, platform tersebut bekerja sama dengan siapa saja. Dan apakah perusahaannya sudah terdaftar di OJK atau justru belum.

"Seperti P2P (di Akulaku) kalau memang kerjasama dengan yang sudah terdaftar OJK ya aman. Atau kita cari tahu juga dari wesbsitenya," kata Widya. 

Namun, Widya mengamati ada kelemahan dari investasi lewat marketplace seperti ini yakni tidak selengkap perusahaan yang memang menyediakan produk itu. Misalnya saja, membeli Reksadana lewat Tokopedia atau Bukalapak lebih sedikit pilihannya daripada membeli di Bareksa. 

"Beberapa platform tidak selengkap perusahaan tersedia. Kita memilihnya tidak sebebas aplikasi tersebut. Selain itu, kita juga bingung harus menghubungi kemana jika ada sesuatu soal produk yang ingin ditanyakan," ujar Widya. 

Selanjutnya: Hati-Hati dengan Paylater, Praktis Tapi Berisiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News