HOME, InvesYuk

Investasi ke Perusahaan Rintisan Kian Deras, Sejumlah Startup Raih Pendanaan Jumbo

Investasi ke Perusahaan Rintisan Kian Deras, Sejumlah Startup Raih Pendanaan Jumbo

MOMSMONEY.ID - Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, aliran investasi yang masuk ke perusahaan rintisan (startups) berbasis teknologi/digital justru mengalami pertumbuhan signifikan. Bahkan, jumlah startups dan total pendanaan belakangan ini jauh lebih tinggi dari masa sebelum pandemi. 

Hal ini ditunjukkan pada riset yang dilakukan oleh perusahaan digital PR, Scale PR. Riset tersebut mencatat, 104 startups Indonesia yang memperoleh pendanaan sepanjang enam bulan pertama di tahun 2021, meningkat 40,5% dari 74 startups dari periode yang sama pada tahun 2020.

Angka ini juga meningkat 53% dari periode sama tahun 2019. Total pendanaan yang diperoleh 104 perusahaan berbasis teknologi tersebut mencapai US$ 3,8 miliar. Capaian ini naik 91% dibandingkan total pendanaan pada semester pertama tahun lalu sebesar USD 2 miliar. V

aluasi pendanaan ini juga naik 216% dari USD 1,2 miliar dari semester pertama tahun 2019. Sekedar informasi saja, sektor Financial teknologi (fintek), logistik, dan e-commerce menjadi tiga sektor andalan yang paling banyak dilirik investor. Hal ini terlihat dari besarnya jumlah startups dan pendanaan yang mengalir di sektor tersebut. 

Baca Juga: Spesial Weekdays Tokopedia, Rencanakan Staycation dengan Diskon Rp 500.000

Perusahaan logistik J&T Express misalnya, berhasil memperoleh pendanaan jumbo sekitar USD 2 miliar pada April 2021. J&T Express didirikan oleh para mantan petinggi OPPO, yakni Jet Lee dan Tony Chen. Firma riset CBInsight pun menobatkan J&T Express sebagai perusahaan unicorn asal Indonesia pertama pada tahun 2021.

Sektor logistik lainnya yang memperoleh pendanaan tinggi yakni SiCepat Ekspres sebesar USD 150 juta dan Shipper sebesar USD 65 juta.  

Pendanaan terbesar kedua terbesar diperoleh perusahaan all-commerce Bukalapak. Sebelum melangkah menjadi perusahaan publik, Bukalapak telah mengantongi pendanaan sebesar USD 234 juta dari perusahaan raksasa global Microsoft, perusahaan dana abadi GIC, Emtek Group, BRI Ventures, dan Mandiri Capital Indonesia.  

Adapun, sektor finansial teknologi (fintek) mendominasi jumlah startup terbanyak yang mendapat pendanaan. Dari catata Scale, setidaknya 30 fintek memperoleh pendanaan dengan total sebesar USD 648,28 juta. 

Baca Juga: Kurs Jual Beli Rupiah-Dolar AS di BRI, Senin 4 Oktober

Selain itu, ada dua platform investasi yang berada di puncak pendanaan. Yakni Bibit dan Ajaib, masing-masing mendapat pendanaan sebesar USD 95 juta dan USD 90 juta untuk Seri B dan Seri A. Sementara Xendit, fintek yang mendukung infrastruktur pembayaran, yang belum lama ini bergelar, juga memperoleh pendanaan sebesar USD 64,6 juta untuk putaran Seri B di triwulan pertama tahun ini. 

Pada triwulan kedua 2021, para investor juga melirik sektor e-commerce di Indonesia, dimana sektor ini memperoleh total pendanaan mencapai hampir senilai USD 600 juta, tertinggi diantara sektor lainnya.

Selain Bukalapak, platform agritech Tanihub memperoleh dana segar sebesar 65,5 juta pada putaran Seri B dan marketplace beautycare Sociolla memperoleh pendanaan sebesar USD 56,5 juta.

Selanjutnya: IHSG Dibuka Menguat pada Perdagangan Senin 4 Oktober 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News