InvesYuk

Investasi Halal dan Aman, Sukuk Ritel SR017 Tawarkan Kupon 5,90%

Investasi Halal dan Aman, Sukuk Ritel SR017 Tawarkan Kupon 5,90%

MOMSMONEY.ID - Moms mencari instrumen investasi halal dengan tawaran imbal hasil tetap melebihi bunga deposito? Surat berharga syariah negara (SBSN) alias Sukuk Ritel seri teranyar SR017 bisa dipertimbangkan. 

Pemerintah membuka kesempatan bagi investor ritel untuk ikut berinvestasi di Sukuk Ritel SR017. Mengutip siaran pers Direktorat Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, 16 Agustus 2022, pemerintah mematok imbalan alias kupon tetap sebesar 5,90% per tahun. 

Imbal hasil akan dibayarkan setiap bulan, dengan tanggal pembayaran kupon perdana pada 10 Oktober 2022. 

Sukuk Ritel SR017 memiliki tenor 3 tahun, sehingga akan jatuh tempo pada 10 September 2025. Di samping sesuai dengan akad syariah, investasi di SR017 aman karena dijamin oleh negara.

Dengan berinvestasi di SR017, Moms juga ikut membantu pemerintah. Sebab, penerbitan SR017 ini bertujuan membantu membiayai APBN termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia, sekaligus memperluas basis investor dalam negeri. 

Menurut Ramdhan Ario Maruto, Head of Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia, imbalan yang ditawarkan pemerintah sangat menarik, lebih tinggi dari kupon dua seri obligasi ritel yang diterbitkan sebelumnya. "Besaran kupon ini nampaknya sudah memperhitungkan akan adanya kenaikan suku bunga BI-7 Day Repo Rate," kata dia.

SR017 juga dinilai jauh lebih menarik dibandingkan dengan instrumen sejenis seperti deposito. Sebab rata-rata bunga deposito masih di bawah 3,5%. Apalagi, potongan pajak imbal hasil SR017 lebih ringan yaitu 10%, dibandingkan deposito sebesar 20%.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Berinvestasi? Simak Penjelasannya!

Nah, Moms bisa memesan SR017 mulai 19 Agustus 2022 hingga 14 September mendatang. Modal berinvestasi di SR017 ini cukup terjangkau, dengan minimal pembelian Rp 1 juta. Kalau punya dana lebih, maksimal pemesanan hingga Rp 5 miliar per individu. 

Jika butuh mencairkan dana sebelum jatuh tempo, investor bisa menjual kembali SR017 di pasar sekunder. Namun, ada minimal holding period selama tiga kali pembayaran kupon. Artinya, pemegang SR017 baru bisa menjual kepemilikannya setelah berakhirnya minimum holding period atau mulai 11 Desember 2022.

Demi mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif, penjualan Sukuk Ritel SR017 dilakukan secara online melalui 31 mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah. 

Berikut ini daftar 31 mitra distribusi Sukuk Ritel SR017:

Bank Central Asia
Bank CIMB Niaga
Bank Commonwealth
Bank Danamon Indonesia
Bank DBS Indonesia
Bank HSBC Indonesia
Bank Mandiri
Bank Maybank Indonesia
Bank Mega
Bank Negara Indonesia
Bank OCBC NISP
Bank Panin
Bank Permata
Bank Rakyat Indonesia
Bank Tabungan Negara
Bank UOB Indonesia
Citibank
Standard Chartered Bank
Bank Syariah Indonesia
Bank Muamalat
BRI Danareksa Sekuritas
Mandiri Sekuritas
Bahana Sekuritas
Trimegah Sekuritas Indonesia
Bareksa Portal Investasi
Nusantara Sejahtera Investama (FUNDtastic+)
Star Mercato Capitale (Tanamduit)
Investree Radhika Jaya
Lunaria Annua Teknologi (Koinworks)
Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku)
Bibit Tumbuh Bersama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News