HOME, InvesYuk

Investasi Emas Menguntungkan Butuh 3 Tahun, Harap Sabar

Investasi Emas Menguntungkan Butuh 3 Tahun, Harap Sabar

MOMSMONEY.ID- Harga emas yang fluktuatif dan dikenakan pajak jual beli membuat investor emas harus cermat. Investasi emas membutuhkan waktu yang tepat agar menghasilkan cuan yang sesuai harapan.

Agustina Fitria, perencana keuangan Oneshildt Financial Planner mengatakan emas tidak bisa dijual dalam jangka waktu pendek kecuali karena kebutuhan mendesak. Menjual emas tidak lama setelah membelinya, bisa membuat investor buntung bukan untung.

Perlu diingat, emas dikenakan pajak jual beli dan akan dikenai selisih harga jual dan harga beli.

Baca Juga: Usai Positif Covid-19, Berapa Lama Indra Penciuman Akan Pulih?

"Kalau kondisi normal (tidak pandemi), bisa dijual setelah 3 tahun. Kecuali ketika kondisi di 2020 lalu, enam bulan sudah bisa menguntungkan," kata Agustina pada momsmoney.id.

Emas juga tidak bisa digunakan sebagai instrumen investasi untuk jangka panjang. Agustina menegaskan bahwa imbal hasil emas tak berbeda jauh dengan pergerakan inflansi.

Itu sebabnya emas sebenarnya tidak cocok digunakan sebagai tabungan pendidikan anak di jangka panjang. Menurutnya, dana pendidikan kenaikannya bisa dua kali lipat dari inflasi.

Agustina juga menekankan bahwa investasi emas berbeda dengan investasi saham. Jika saham semakin lama harganya bisa semakin tinggi, sementara emas kenaikannya tidak signifikan.

"Idealnya investasi emas paling lama lima tahun,"ujar Agustina.

Selanjutnya: Pakai Double Masker untuk Menangkal Covid-19, Amankah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News