HOME, Bugar

Intip Yuk, Ini 6 Buah Tinggi Vitamin C yang Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Intip Yuk, Ini 6 Buah Tinggi Vitamin C yang Dapat Memperkuat Sistem Imun Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah mengandung berbagai gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Apabila dikonsumsi rutin, maka buah dapat memperkuat sistem imun pada tubuh.

Nah MomsMoney telah merangkum buah-buahan tinggi gizi yang dapat memperkuat imun tubuh.

Melansir dari Royco, ini dia 6 buah yang dapat memperkuat imun tubuh, selengkapnya!

Baca Juga: 4 Food Pairing Buah yang Berkelas dan Kaya Akan Rasa, Cobain Yuk!

Buah Stroberi

Stroberi

Baca Juga: 5 Food Combining yang Sehat dan Cocok Dikombinasikan dengan Daging

Buah stroberi dikenal sebagai buah-buahan yang memiliki ciri khas berwarna merah serta rasanya yang sedikit asam. Eits jangan salah, meski buah stroberi asam, namun penggemar buah stroberi ini banyak sekali, lo!

Menurut Academy of Nutrition and Dietics yang dikutip dari Royco menyebutkan bahwa buah stroberi dapat menjaga imun tubuh. Ini disebabkan buah stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan membuat buah stroberi dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit, salah satunya flu.

Baca Juga: Pengguna Air Fryer, Ini 7 Makanan yang Tak Cocok Dimasak dalam Air Fryer

Buah kiwi

Buah selanjutnya yang dapat menjaga imun tubuh adalah buah kiwi.

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi, mengalahkan kadar vitamin C pada buah jeruk.

Dalam 1 cangkir buah kiwi, terdapat 273% vitamin C yang terkandung di dalamnya! Angka ini bisa dibilang sangat tinggi untuk ukuran 1 buah tanpa campuran buah lainnya.

Bahkan, dilansir dari Rumah Sakit Umum Hasanah Graha Afiah, buah kiwi juga dapat meredakan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mampu meningkatkan kualitas tidurmu, lo!

Baca Juga: 4 Tips Pintar Bikin Daging Empuk dan Juicy dengan Metode Brining Daging

Buah papaya

Pepaya

Buah papaya dapat menjaga imun tubuh. Ini disebabkan karena buah papaya mengandung 224% vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan harian nutrisimu.

Buah papaya juga mengandung beberapa gizi lainnya seperti folat, vitamin B, dan potassium. Tak lupa, buah ini mengandung enzim papain. Menurut Wikipedia, enzim papain ini berguna untuk memecah protein menjadi peptida serta asam amino.

Baca Juga: Resep Chocolate Lava Cake, Dessert Asal Prancis yang Super Meleleh

Baca Juga: Resep Pedasnya Ceker Mercon yang Membakar Lidah, Pasti Ngiler!

Buah tomat

Memang tidak terlalu tinggi, buah tomat hanya mampu memenuhi 40% kebutuhan vitamin C pada harian nutrisi. Tapi jangan salah, buah tomat tetap mampu menjaga imun tubuh karena dapat mencegah berbagai serangan virus dari tubuh, lo!

Hal ini disebabkan karena buah tomat memiliki kandungan vitamin A yang tidak hanya berguna bagi kesehatan mata dan kulit saja, melainkan juga memperkuat imun tubuh.

Tomat

Mengolah tomat tidaklah sulit, cukup dibuat jus ataupun dimakan langsung dengan memotongnya kecil-kecil.

Buah tomat yang dimakan langsung akan lebih efektif dalam menjaga imun tubuh daripada buah tomat yang dimasak bersama makanan lain. Ini karena kandungan gizi pada buah tomat akan menyusut drastis jika terlalu lama dimasak dalam suhu panas.

Baca Juga: 7 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Dibeli dalam Jumlah Banyak

Buah anggur

Buah anggur menjadi yang selanjutnya dalam menjaga imun tubuh. Dilansir dari Ners Unair, ini disebabkan karena buah anggur tidak hanya mengandung vitamin C saja, tetapi juga vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, kalium, tembaga, dan mangan.

Secara jelas, buah anggur dapat menjaga imun tubuh karena mengandung senyawa antioksidan seperti antosianin, flavonoid, geraniol, dan linanool.

Buah anggur juga dapat menyehatkan jantung dan melawan peradangan, lo!

Baca Juga: Promo Waroeng Steak Maret 2022, Paket Back To School Khusus Pelajar Cuma Rp 20.000

Buah jeruk

Jeruk Mandarin

Baca Juga: Promo Pizza Hut 1-11 Maret 2022, Beli Online 3 Paket My Box Hitss Total Rp 99.000

Buah jeruk dapat menjaga imun tubuh karena mengandung 130% vitamin C untuk kebutuhan nutrisi harian tubuhmu, lo!

Selain itu, buah jeruk juga bisa dibilang sebagai salah satu buah dengan kandungan gizi terlengkap! Karena buah jeruk mengandung berbagai gizi dan vitamin seperti kalsium, thianin, niacin, fosfor, magnesium, mangan, cooper, vitamin A, vitamin B6, dan riboflavin.

Jadi jika anda ingin meningkatkan imun tubuh, jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan dengan kadar vitamin C dan kandungan gizi lain yang tinggi, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News