Keluarga

Intip Tren Sofa Sejak Tahun 1980 Yuk!

Intip Tren Sofa Sejak Tahun 1980 Yuk!

MOMSMONEY.ID - Pentingnya sofa dalam sebuah rumah tentu membuat sofa memiliki trennya tersendiri. Tren sofa berkembang sejalan dengan perputaran waktu dan banyaknya desainer baru yang datang dan memberikan solusi baru untuk sofa. 

Melansir Architectural Digest desain sofa dipengaruhi banyak hal mulai dari pertukaran secara global, pergerakan politik, perkembangan manufaktur dan lainnya. Yuk kita intip bagaimana tren sofa dalam sejak 1980!

Baca Juga: Begini Perkembangan Bisnis Hotel Dari Generasi 1.0 hingga 3.0

1980-an: Era Postmodernisme Mania

Sofa 1980

Pada era ini desainer mengembangkan desain sofa di era 1970-an. Namun sofa di era ini dibuat lebih bersudut dan mewah. Di era ini sebenarnya tidak ada yang baru. Desain sofa juga terinspirasi dari gaya di era 1930-an. Desain sofa dibuat bersih dan cenderung geometrical. Di era ini sofa cenderung terlihat dingin dan cenderung jahat. Kesan ini terkait dengan banyaknya film bertemakan orang kaya yang jahat di rumah bergaya post modern. 

1990-an: Era La-Z-Boy

Di era ini sofa didesain dengan sangat fungsional, namun bentuknya basic dengan sedikit sandaran yang lebih rebah. Di era ini sofa memainkan perang utama di ruang keluarga maupun ruang tamu. Sofa di era ini biasanya dilengkapi dengan tempat cangkir dan kursi malas. 

2000-an: Era Shabby Chic 

Era ini memiliki desain sofa yang standar namun dilengkapi dengan sarung yang licin. Biasanya\\ sofa ini memiliki ukuran yang besar dan sangat empuk, dengan sarung berwarna putih. Desain sofa ini mempermudah pemilik ruangan melakukan dekorasi secara bebas. 

2010-an: Era Minimalis dengan produksi masal

Sofa 2010

Era ini besar dipengaruhi dengan peristiwa Great Recession di 2008. Kondisi ekonomi ini membuat desain interiori berubah menjadi lebih bersih, berwarna putih dan menghindari warna-warna mencolok. Desain dibuat lebih compact dan kecil, Desain ini juga dipengaruhi oleh gagasan dari Marie Kondo untuk membuang barang-barang tidak berguna yang tidak memberi rasa bahagia. Era ini juga dikenal sebagai era IKEA yang menandai produksi furnitur secara masal.

Baca Juga: Cat Lovers Wajib Menyimak! Berikut 5 Tanda Kucing Merasa Bosan dan Kesepian

2020-an: Era Kembalinya tahun 1970

Sofa 2020

Di era ini sebenarnya banyak orang telah memiliki preferensi desain yang bermaam-macam. Didorong juga dengan kemudahan seseorang membeli barang vintage, atau memesan furnitur sesuai dengan keinginan setiap orang. Orang cenderung memilih sofa yang terbuat dari beludru dengan desain sudut yang melengkung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News