Santai

Intip Tren dan Teknologi Kosmetik Baru di ICI 2022

Intip Tren dan Teknologi Kosmetik Baru di ICI 2022

MOMSMONEY.ID - Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia, Asosiasi Kosmetika di Indonesia atau Perkomsi mengadakan Indonesia Cosmetics Ingredients atau ICI 2022.

Kosmetik yang semakin mendapatkan hati di konsumen tanah air menjadi salah satu alasan Perkomsi menggelar ICI 2022. Tentunya, kualitas produk yang aman, baik, dan juga inovatif harus semakin produsen perhatikan.

Untuk itu, bahan baku yang tepat dan berkualitas menjadi bagian terpenting untuk mencapai hal tersebut.

Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perkosmi, mengatakan, sudah 45 tahun Pekomsi terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetik, baik skala usaha kecil hingga skala besar nasional maupun multinasional.

Tak hanya itu, Sancoyo bilang, Perkomsi juga bertindak sebagai suara dari industri kosmetik Indonesia, mewakili beragam perusahaan yang terlibat dalam pembuatan, pemasokan, dan penjualan produk kosmetik juga perawatan pribadi.

Baca Juga: 6 Varian Serum Skintific untuk Atasi Berbagai Permasalahan Kulit, Mana Pilihan Anda?

Pasar kosmetik di Indonesia telah berkembang pesat, seiring dengan perekonomian yang membaik dan peningkatan produk domestik bruto (PDB) per kapita.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat, kosmetik menjadi kategori produk yang mendapatkan izin edar terbanyak di Indonesia dalam lima tahun terakhir, mencapai 411.410 produk baru.

Dengan kemunculan produk lokal, industri kosmetik akan semakin besar dan mendapatkan tempat di hati konsumen.

"Perkomsi juga akan terus mendorong lahirnya kebijakan strategis dan mengadvokasi perbaikan kebijakan demi lingkungan bisnis yang lebih baik dan menguntungkan. Itulah mengapa Perkomsi secara konsisten mengadakan ICI sejak tahun 2006 hingga sekarang," katanya, Selasa (25/10).

ICI adalah acara pameran dan ajang promosi bagi para pemasok lokal dan global untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bahan baku, kemasan, produk, peralatan laboratorium, dan mesin mutakhir kosmetika.

Sekaligus, tren dan teknologi terkini yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kosmetik kepada kalangan industri di Indonesia dan negara-negara ASEAN.

Baca Juga: Inspirasi Renovasi Rumah di Lahan Sempit 2 Lantai Bergaya Scandinavia

Setelah sempat tertunda selama dua tahun karena pandemi, ICI kembali digelar pada 25 sampai 27 Oktober 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan tema Raih Pasar Kosmetik dengan Trend & Teknologi Terkini.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Reri Indriani mendukung penuh kegiatan ICI 2022. Kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan mengembangkan produk kosmetik yang baik dan layak digunakan konsumen Indonesia.

Apalagi, untuk mempersiapkan produk yang aman digunakan oleh konsumen adalah tanggungjawab semua pihak.

Dengan semakin pesatnya perkembangan industri kosmetik, BPOM percaya, kemajuan dapat berkembang secara konsisten apabila seluruh pelaku industri dapat mengikuti perkembangan tren dan teknologi terbaru.

"Dengan begitu, kualitas produk kosmetik kian maju dan mampu berdaya saing namun tetap mengedepankan aspek keamanan, kemanfaatan dan mutu kosmetik," ucap Reri.

Di sisi lain, Rustam Suleman, Ketua Pelaksana ICI 2022, menyebutkan, tahun ini, pagelaran ICI yang ke-11 tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga untuk produsen, distributor, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya.

Baca Juga: Ketahui 4 Cara Menggunakan Shower Gel dengan Benar, Yuk

ICI 2022 adalah yang terbesar, diikuti 93 perusahaan, dengan jumlah total stan mencapai 402 yang terdiri dari 344 stand pameran, 44 stan finished goods, serta 14 stan instansi pemerintah dan universitas.

Selain itu, ada juga 26 pembicara seminar dari Indonesia dan mancanegara, dengan target pengunjung acara ini sebanyak 5.000 orang.

"Tentunya, skala ini jauh lebih besar dari tahun lalu dan bahkan jumlah stan meningkat sebanyak 31% dari total pada tahun 2018. Semoga ini menjadi pertanda baik bahwa industri kecantikan akan terus maju ke depannya," ujar Rustam.

Sesuai dengan temanya, ICI tahun ini juga punya kegiatan menarik yakni Zona Inovasi yang menampilkan produk kosmetik lokal, bahan baku lokal, dan bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri.

kemudian, Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa pemasok bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran.

"Melalui acara ini, Perkomsi berharap agar semangat untuk industri kecantikan terus meningkat dan memastikan para konsumen Indonesia bisa mendapatkan produk terbaik di Indonesia, dan tentunya siap untuk fight back agar bisnis bisa kembali bergeliat setelah pandemi Covid-19," kata Sancoyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News