BisnisYuk

Intip Nasehat Philip Kotler, 2 Hal Ini Kunci Penting Marketing Dukung Bisnis

Intip Nasehat Philip Kotler, 2 Hal Ini Kunci Penting Marketing Dukung Bisnis

MOMSMONEY.ID - Dalam World Marketing Forum 2022, bapak ilmu pemasaran modern Philip Kotler menyampaikan dua elemen utama marketing untuk bisa menghadapi tantangan bisnis jangka panjang yaitu keuntungan dan keberlanjutan. Philip Kotler juga menjelaskan bahwa bisnis hanya bisa berkembang saat dunia dalam kondisi damai. 

Begini pemikiran Philip Kotler soal dua hal penting marketing bisa mendukung kesuksesan bisnis jangka panjang, tentu dengan menghadapi tantangannya. Menurutnya pemasaran keberlanjutan (sustainability marketing) adalah hal yang sangat penting. 

Baca Juga: Indonesia Punya Museum Marketing 3.0 Metaverse, Ada Jeff Bezos hingga Mark Zuckerberg

“Setiap bisnis harus bertujuan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Dua hal, keberlanjutan dan keuntungan harus menjadi tujuan utama,” jelas Philip Kotler saat menghadiri World Marketing Forum di Bali, 6 Oktober 2022 dikutip dari laman resmi World Marketing Forum. 

Menurut Philip, jika seorang marketing bisa menyeimbangkan dua hal tersebut maka akan lebih menguntungkan bisnis sejalan dengan adanya perubahan iklim saat ini. Prinsip keberlanjutan memang membutuhkan banyak uang, tetapi bisa meningkatkan nilai daya saing dalam jangka panjang. Begitu kata Philip Kotler.

Kedua elemen kunci marketing tersebut juga perlu didukung dengan pemasaran yang mengutamakan manusia. Buat strategi marketing H2H alias human to human. Pahami bahwa karyawan Anda adalah manusia yang memiliki bakat sekaligus kekurangan. 

Baca Juga: Promo Alfamart Skin Care Fair Terbaru, Beli Serum sampai Sunscreen Diskon hingga 30%

“Jika Anda menggunakan mesin di masa depan, buat mesin itu bekerja dengan kita bukan menggantikna atau melawan kita,” kata Philip Kotler. 

Konsep ini diamini oleh para pegiat pemasaran dan bisnis. Misalnya CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) juga menyampaikan bahwa berkolaborasi atau memiliki keterikatan dengan komunitas bisnis lokal menjadi hal penting bagi bisnis.

Prutsanai Mahakkapong atau Patrickwave juga menjelaskan Anda bisa menggapai masyarakat melalui teknologi, tetapi sebuah produk tidak bisa berada di tangan konsumen, melainkan juga di hari mereka. Ini kenapa sentuhan kemanusiaan sangat penting. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News