Bugar

Intip Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan Lo

Intip Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan Lo

MOMSMONEY.ID - Ketahui khasiat jus timun untuk kesehatan pada ulasan berikut ini, yuk.

Timun yang dikenal dengan rasa segar dan kandungan airnya yang tinggi, telah lama digunakan dalam berbagai terapi kesehatan. Salah satu cara paling populer untuk mengkonsumsi timun adalah dalam bentuk jus.

Jus timun tidak hanya menyegarkan, tetapi juga penuh dengan berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh. Namun, apa saja sih khasiat jus timun untuk kesehatan? Berikut ini Momsmoney rangkum untuk Anda:

1. Memperlancar Pencernaan

Timun yang kaya akan pektin, sebuah serat larut air, berkontribusi pada kelancaran pencernaan dan membantu melunakkan tinja, sehingga efektif dalam mencegah dan mengatasi sembelit.

Baca Juga: Benarkah Sering Ngantuk Setelah Makan Tanda Diabetes?

2. Perlindungan dari Radikal Bebas

Dengan kandungan antioksidannya, jus timun mampu melawan efek berbahaya dari radikal bebas, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Ini juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Hidrasi Tubuh

Melansir dari laman Alodokter, timun mengandung air sekitar 96% yang dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kandungan elektrolit di dalamnya juga mendukung keseimbangan cairan tubuh, membantu menghindarkan dari dehidrasi.

Baca Juga: Nanas untuk Asam Lambung, Aman atau Bahaya untuk Dikonsumsi?

4. Menyehatkan Tulang

Kaya vitamin K, timun mendukung kesehatan tulang dan dapat mengurangi risiko osteoporosis. Juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Menyehatkan Jantung

Timun mengandung kalium dan antioksidan yang tinggi, yang mendukung kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung seperti stroke.

Baca Juga: Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung, Cek Daftar Daun Lainnya di Sini

6. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, jus timun dapat membantu. Kandungan kalium dan antioksidan membantu menjaga keseimbangan kadar garam dan mengontrol tekanan darah.

7. Mengontrol Gula Darah

Timun, dengan indeks glikemik yang rendah, tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam, membuatnya ideal untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Macam-Macam Makanan Tinggi Purin Ini, Penderita Asam Urat Wajib Hindari!

8. Pencegahan Kulit Kering

Kandungan air yang tinggi dalam timun tidak hanya menghidrasi tubuh tetapi juga mendukung kesehatan kulit dan mencegah kekeringan.

9. Pengurangan Risiko Kanker

Mengonsumsi jus timun secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker hati dan payudara, berkat antioksidan dan senyawa cucurbitacin yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Ubah Pola Makan, Ini 9 Cara Jitu Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

10. Pengurangan Berat Badan

Karena tinggi serat dan rendah kalori, jus timun dapat membantu mengurangi berat badan. Minum jus ini bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil.

Nah, itulah beberapa khasiat jus timun untuk kesehatan. Untuk membuat jus timun yang sehat, cucilah buah terlebih dahulu untuk menghilangkan kuman. Potong kecil-kecil, tambahkan sedikit air, dan ingat untuk tidak menambahkan gula.

Untuk kesegaran tambahan, tambahkan es batu. Selamat mencoba dan nikmati segarnya jus timun untuk kesehatan yang lebih baik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News