Santai

Intip Keunggulan Android 13 Dibanding Android 12, Fitur Makin Canggih

Intip Keunggulan Android 13 Dibanding Android 12, Fitur Makin Canggih

MOMSMONEY.ID - Android 13 akhirnya dirilis dan sudah dapat diunduh di sejumlah smartphone. Banyak pengguna yang ingin mengetahui keunggulan Android 13. 

Pengguna Android ingin mengetahui perbedaan dan keunggulan Android 13 vs Android 12. Rupanya, ada beberapa keunggulan Android 13 beserta fitur terbarunya yang semakin canggih. 

Untuk mengetahui keunggulan Android 13, Anda wajib menyimak artikel ini hingga akhir. Artikel ini membahas keunggulan Android 13 dibandingkan dengan Android 12. 

Adanya Android 13 menyertakan sejumlah pembaruan untuk izin dan keamanan privasi, bersama dengan peningkatan Material You yang hebat, opsi bahasa dan aksesibilitas baru, serta banyak fitur dan penyempurnaan yang diperluas.

Baca Juga: Daftar HP 3 Jutaan Terbaik 2023 Lengkap Beserta Spesifikasinya

Mengutip PlotProjects, banyak perangkat seluler sudah dikonfirmasi untuk mendapatkan Android 13, sementara yang lain kemungkinan besar akan menerima pembaruan tetapi belum dikonfirmasi.

Google Pixel 4 ke atas sudah mendapatkan rilis terbaru. Merek lain akan menyusul, seperti Samsung, Nokia, Xiaomi, OnePlus, Oppo, Realme, Vivo, Poco, Motorola, TCL, iQOO, dan Asus.

Lantas, apa perbedaan Android 12 vs Android 13?

menurunkan versi Android

Android 13 merupakan penyempurnaan untuk ponsel Anda, membangun banyak fitur dan pembaruan baru dari Android 12. Android 13 menampilkan bilah navigasi yang sedikit lebih besar daripada Android 12.

Ada juga metode baru untuk memasuki tampilan layar terbagi dan salin dan tempel di seluruh perangkat.

Berikut keunggulan Android 13 dibanding Android 12. Anda bisa mendapatkan beberapa keunggulan Android 13 sebagai berikut :

1. Peningkatan UI Material You 

Android 13 menghadirkan peningkatan ke UI Material You, sehingga Anda dapat memilih dari pilihan warna yang lebih banyak dan memiliki kontrol lebih besar atas estetika layar utama dan layar kunci.

Mode waktu tidur juga mendapatkan lebih banyak personalisasi dengan opsi baru untuk peredupan wallpaper dan tema gelap sistem melalui kontrol Kesehatan Digital Anda.

Baca Juga: 4 Cara Bikin Tampilan Android 13 Estetik Tanpa Perlu Update OS, Begini Langkahnya

2. Preferensi bahasa

Fitur Android 13 baru yang besar untuk pengguna multibahasa, pembaruan terbaru Google mencakup personalisasi bahasa per aplikasi bagi mereka yang ingin aplikasi ditampilkan dalam berbagai bahasa.

Preferensi bahasa kini menyertakan opsi untuk menyetel bahasa berdasarkan per aplikasi, sehingga Anda dapat mempertahankan keseluruhan sistem dalam satu bahasa dan setiap aplikasi dalam bahasa lain.

3. Multitasking lintas perangkat 

Google telah mencentang lebih banyak kotak dalam hal multitasking lintas perangkat. Mengirim dan menerima pesan dengan mudah bahkan saat ponsel Anda jauh dari jangkauan selama perangkat Anda terhubung melalui Bluetooth.

Ada juga fitur baru yang keren untuk menyalin dan menempelkan konten antar perangkat.

Misalnya, Anda dapat dengan cepat menyalin foto, teks, video, atau URL dari ponsel dan menempelkannya ke tablet atau sebaliknya.

Cukup ketuk dan tahan apa yang Anda bagikan, cari perangkat yang ingin Anda bagikan dan tempelkan ke perangkat itu.

Baca Juga: Samsung A13 Update Android 13, Simak Cara Instal dan Download One UI 5 di Sini

4. Audio yang disempurnakan

Anda akan merasa berada di tengah-tengah aksi dengan dukungan Audio Spasial untuk headphone yang didukung.

Saat Anda menggunakan headphone, Audio Spasial akan beradaptasi dengan gerakan kepala Anda untuk pengalaman mendengarkan yang lebih imersif.

Android 13 juga menghadirkan peningkatan audio dalam bentuk Bluetooth Low Energy bawaan untuk latensi yang lebih rendah, kualitas audio yang ditingkatkan, dan kemampuan untuk menyiarkan audio ke beberapa perangkat secara bersamaan.

Terlebih lagi, pemutar media Android 13 yang didesain ulang kini menampilkan sampul album dari musik Anda, dengan bilah pemutaran yang bergerak mengikuti musik.

5. Privasi dan izin

Ada fitur baru yang besar dalam bentuk pembaruan izin pemberitahuan dan privasi, memberi Anda lebih banyak kontrol atas aplikasi apa yang dapat mengirimi Anda pesan atau mengakses media dan clipboard Anda.

Mirip dengan iOS, aplikasi yang Anda unduh sekarang memerlukan izin Anda untuk mengirimkan pemberitahuan kepada Anda.

Akses ke foto juga telah diperbarui dengan Photo Picker baru yang memungkinkan Anda memilih foto mana yang ingin Anda bagikan dengan aplikasi daripada memberikan akses ke perpustakaan media lengkap Anda.

Pembaruan penting lainnya adalah pembersihan clipboard.

Sistem sekarang memberi tahu Anda ketika aplikasi mengakses clipboard Anda, dan secara otomatis akan menghapus riwayat clipboard Anda untuk melindungi kata sandi dan kredensial yang disalin.

Baca Juga: Intip Cara Menurunkan Versi Android 13 ke 12, Ini Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Fitur dan pembaruan Android 13

1. Pintasan yang sangat praktis untuk pemindai kode QR.

2. Panggil Asisten dengan menggesek ke atas dari sudut bawah layar.

3. Mendukung file exFAT yang memungkinkan perangkat 

4. Pixel menangani file berukuran lebih besar dari 4 GB.

5. Ada dukungan video HDR pada aplikasi kamera pihak ketiga.

6. Pengalih keluaran media yang diperbarui.

7. Tampilan Braille untuk Talkback.

8. Kontrol rumah pintar dalam keadaan tidak terkunci.

9. Pasangan Cepat Terintegrasi.

10. Pencarian yang lebih mudah untuk orang yang menggunakan huruf fonetik.

Jadi, itulah keunggulan Android 13 jika dibandingkan dengan Android 12. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News