Santai

Intip Bocoran iPhone 16, Diprediksi bakal Tampilkan Face ID di Bawah Layar

Intip Bocoran iPhone 16, Diprediksi bakal Tampilkan Face ID di Bawah Layar

MOMSMONEY.ID - Spesifikasi iPhone 16 menjadi perbincangan warganet di media sosial. Hal tersebut membuat banyak orang mencari bocoran iPhone 16. 

Mengutip MacRumors, bocoran spesifikasi iPhone 16 telah disebutkan oleh The Elec. Spesifikasi iPhone 16 akan lebih canggih dari series iPhone sebelumnya. 

Menurut The Elec, iPhone 16 Pro akan menampilkan teknologi Face ID di bawah layar untuk menyediakan area tampilan yang lebih bermanfaat. 

Berdasarkan laporan tersebut, Apple akan memindahkan komponen yang diperlukan untuk autentikasi ‌Face ID‌ langsung di bawah layar ‌iPhone‌ pada tahun 2024.

Saat tidak digunakan, kamera TrueDepth untuk ‌Face ID‌ tidak akan terlihat di bawah layar, yang akan muncul bersebelahan dengan mulus area layar di sekitarnya.

Baca Juga: Apakah iPhone 16 Sudah Rilis di Indonesia? Intip Bocoran Tampilan dan Penjelasannya

Laporan tersebut mengklarifikasi bahwa lubang pada tampilan untuk kamera depan akan tetap ada pada ‌iPhone‌ 16 Pro, tetapi keseluruhan area tampilan dan rasa pencelupan akan ditingkatkan.

Ditambah, tampilan poni akan tetap sama dari iPhone 14 Pro hingga iPhone 15 Pro yang akan riluis akhir tahun ini karena teknologi di bawah layar belum siap.

Hal ini juga menguatkan desas-desus bahwa keempat model dalam jajaran ‌iPhone 15‌ akan menawarkan Dynamic Island, memperluas fitur dari ‌iPhone 14 Pro‌ dan ‌iPhone 14 Pro‌ Max ke dua model standar nanti pada tahun 2023.

Lebih lanjut di masa mendatang, laporan tersebut menambahkan, setelah menerapkan teknologi ‌Face ID‌ di bawah layar, Apple akan mengadopsi kamera panel bawah (UPC), sehingga menghilangkan semua guntingan tampilan yang saat ini ada di ‌iPhone‌.

Hal ini sejalan dengan peta jalan yang ditetapkan oleh analis tampilan Ross Young pada Mei 2022.

bocoran iPhone 16

Dia menguraikan, siklus Apple akan berganti-ganti antara model Pro dan non-Pro setiap tahun saat memperkenalkan guntingan tampilan yang direvisi atau teknologi baru di bawah layar:

Model Pro akan menjadi yang pertama untuk inovasi tampilan baru semacam ini, seperti yang pertama kali terlihat tahun lalu dengan Dynamic Island pada ‌iPhone 14 Pro‌ dan ‌iPhone 14 Pro‌ Max. 

Sementara iPhone 14 dan ‌iPhone 14‌ Plus dibiarkan dengan "notch" yang sama seperti iPhone 13. 

Baca Juga: Cara Mengecek Baterai Health iPhone, Begini Tahapannya biar Tetap Awet

Hal ini menunjukkan tampilan dan teknologi panel bawah akan bertahan selama maksimal dua generasi pada setiap iPhone sebelum perangkat memiliki total area tampilan yang dapat digunakan sekitar tahun 2027.

Berikut prediksi model dan spesifikasi iPhone 15:

1. Model

Diharapkan Apple akan melanjutkan ini dengan jajaran iPhone 15 yang menampilkan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Sekali lagi, iPhone 15 standar dan iPhone 15 Pro harus memiliki layar 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max memiliki layar 6,7 inci.

Namun, nama iPhone 15 Pro Max mungkin berbeda. Ada desas-desus yang beredar bahwa "Pro Max" akan diganti dengan moniker "Ultra", mirip dengan Apple Watch Ultra.

2. Desain

Sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan, iPhone 15 dapat menggantikan tombol fisik dengan tombol daya dan volume haptic, solid-state sebagai gantinya. Ini akan bekerja mirip dengan tombol Home iPhone 7.

Pada dasarnya, alih-alih menekan secara fisik saat ditekan, itu akan menggunakan umpan balik haptic untuk meniru bagaimana rasanya jika Anda menekan tombol.

3. Prosesor

IPhone 15 standar mungkin menggunakan A16 yang saat ini ditampilkan di iPhone 14 Pro, dan chip A17 baru mungkin eksklusif untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Laporan lain menunjukkan, iPhone 15 Pro juga bisa mendapatkan peningkatan RAM, dari 6GB menjadi 8GB. 

Kapasitas penyimpanan juga bisa berbeda, meskipun penyimpanan dasar mungkin bergantung pada fitur apa yang ditawarkan iPhone 15. 

Walau penyimpanan tingkat atas saat ini adalah 1TB untuk iPhone 14 Pro, iPhone 15 Pro dapat ditingkatkan menjadi 2TB.

Baca Juga: Atasi Pengendalian IMEI, Begini Cara Cek dan Daftarkan HP dari Luar Negeri

4. Kamera

Di bagian depan kamera, satu-satunya hal yang kami ketahui adalah Apple sedang mengerjakan teknologi lensa periskop, yang mungkin hanya berakhir pada model iPhone 15 Pro Max yang lebih besar.

Dengan lensa periskop, Anda bisa mendapatkan optical zoom yang melampaui apa yang ditawarkan saat ini, seperti 5x atau 10x optical zoom.

5. Baterai 

Peraturan Eropa baru-baru ini mengamanatkan pengisi daya umum untuk semua barang elektronik, termasuk iPhone, sebagai upaya untuk mengurangi limbah elektronik.

Batas waktu bagi Apple untuk beralih ke USB-C dan menghilangkan Lightning adalah pada 2024. Tapi Apple juga dapat memulainya dengan mengalihkan iPhone 15 ke USB-C di 2023.

Dengan beralih ke USB-C di iPhone, itu akan membawa smartphone Apple lebih dekat dengan jajaran iPad dan MacBook, yang sebagian besar telah menggunakan USB-C untuk sementara waktu.

Semua itu adalah prediksi dan bocoran spesifikasi iPhone 16 yang bisa Anda perkirakan. Akan tetapi, hal tersebut belum resmi diumumkan oleh Apple. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News