Bugar

Intip 6 Penyebab Telinga Berdenging atau Tinnitus, Muncul Gejala Nyeri Wajah

Intip 6 Penyebab Telinga Berdenging atau Tinnitus, Muncul Gejala Nyeri Wajah

MOMSMONEY.ID. Simak penyebab telinga berdenging atau tinnitus yang umum terjadi. Apabila Anda mengalami sakit telinga hingga nyeri pada bagian wajah wajib mengetahui informasi berikut ini.

Telinga berdenging atau tinnitus adalah sensasi suara atau bunyi yang terdengar di dalam telinga atau kepala, tanpa adanya sumber suara eksternal. Bunyi yang terdengar dapat berupa berdenging, berdesing, berdengung, berdengkur, atau suara lainnya.

Telinga berdenging dapat menjadi masalah yang mengganggu dan mengganggu kualitas hidup jika tidak diatasi dengan tepat.

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan telinga berdenging, seperti paparan kebisingan berlebihan, kerusakan saraf pendengaran, masalah kesehatan, efek samping obat, atau kondisi lain.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bisa Mengobati Radang Amandel, Ada Kunyit juga Kayu Manis

Penyebab telinga berdenging

Tinnitus dapat memiliki intensitas dan frekuensi yang berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya.

Beberapa orang mungkin hanya mengalami telinga berdenging sesekali, sementara yang lain mungkin mengalami telinga berdenging yang terus-menerus dan sangat mengganggu.

Gejala Tinnitus

Selain itu, tinnitus atau telinga berdenging dapat disertai dengan gejala lain antara lain:

  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Gangguan tidur
  • Nyeri tulang pada bagian wajah
  • Kesulitan berkonsentrasi

Beberapa orang bahkan mengalami gangguan pendengaran yang disertai dengan telinga berdenging.

Apabila telinga berdenging terus-menerus atau sangat mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli THT untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Begini Cara Memilih Aroma Parfum Sesuai Aktivitas

Ketahui beberapa penyebab telinga berdenging atau tinnitus dilansir dari Web MD.

Penyebab Telinga Berdenging atau Tinnitus

1. Gangguan pendengaran terkait usia

Bagi banyak orang, pendengaran semakin memburuk seiring bertambahnya usia. Ini biasanya dimulai sekitar usia 60 tahun atau lansia.

Biasanya mempengaruhi kedua telinga mungkin akan melihat masalah dengan suara frekuensi tinggi.

2. Terlalu banyak kotoran telinga

Tubuh memproduksi kotoran telinga ini untuk menjebak kotoran dan melindungi telinga. Saat kotoran tidak hilang dengan sendirinya dan terlalu banyak menumpuk, bisa menyebabkan dering atau gangguan pendengaran.

Dokter THT dapat menghilangkan penumpukan dengan lembut, pastikan menghindari penggunaan kapas dan mencoba melakukannya sendiri.

3. Obat-obatan tertentu

Penyebab telinga berdenging

Obat resep dan obat bebas dapat menjadi penyebab telinga berdenging. Obat tersebut termasuk dalam kandungan aspirin, diuretik, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), pengobatan berbasis kina, dan antibiotik tertentu, antidepresan, dan obat kanker.

Biasanya semakin kuat dosisnya, semakin besar kemungkinan mengalami masalah. Seringkali jika Anda menghentikan obat, gejala Anda akan hilang.

Temui dokter Anda jika menurut Anda obat mungkin penyebabnya. Tapi jangan berhenti minum obat apa pun tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

4. Infeksi telinga dan sinus

Kondisi telinga berdenging atau tinnitus bisa saja timbul saat sedang pilek. Hal ini bisa jadi karena infeksi telinga atau sinus yang memengaruhi pendengaran dan meningkatkan tekanan pada sinus Anda.

Jika itu penyebabnya, itu tidak akan bertahan lama sehingga bisa membaik setelah seminggu atau lebih.

5. Suara keras

Penyebab telinga berdenging

Suara keras adalah penyebab telinga berdenging atau tinnitus. Sesuatu suara yang keras dan didengar setiap hari selama bertahun-tahun seperti mulai dari konser dan acara olahraga hingga mesin keras dan mesin bumerang.

Rasa tersebut dapat mempengaruhi satu atau kedua telinga, dan dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan nyeri. Kerusakan dari jaringan pada telinga tersebut dapat bersifat permanen atau sementara.

6. Masalah Sendi TMJ

Kemudian, ada juga masalah sendi pada rahang yang menjadi penyebab telinga berdenging. Masalah pada rahang atau sendi temporomandibular (TMJ) dapat menjadi penyebab telinga berdenging atau tinnitus.

Anda mungkin merasakan nyeri atau nyeri pada persendian saat mengunyah atau berbicara. Sendi berbagi beberapa saraf dan ligamen dengan telinga tengah.

Konsultasikan ke dokter gigi untuk mengetahui kondisi lebih dalam dan mengobati gangguan TMJ. Hal tersebut dapat membantu menjaga telinga berdenging agar tidak bertambah parah.

7. Masalah tekanan darah

Terakhir, kondisi tekanan darah juga bisa berpengaruh pada kemungkinanan penyebab telinga berdenging atau tinnitus.

Ini bisa termasuk tekanan darah tinggi dan hal-hal yang meningkatkannya dalam jangka pendek, seperti stres, alkohol, dan kafein.

Pengerasan arteri juga bisa berperan untuk mempengaruhi kondisi pembuluh darah di dekat telinga tengah dan dalam menjadi kurang elastis. Sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dan terdengar lebih keras. Ini adalah apa yang dikenal sebagai tinnitus berdenyut.

Hindari pemicu untuk mengurangi gejala telinga berdenging

  • Kurangi makanan pedas.
  • Kurangi minuman kafein.
  • Ketahui Alergi dalam tubuh.
  • Kurangi konsumsi obat yang bukan resep dokter.

Melalui informasi penyebab telinga berdenging atau tinnitus yang wajib diketahui saat merasakan gejalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News