Inspirasi Desain Mushola Minimalis yang Bikin Ibadah Makin Khusyuk

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 25 November 2021 | 17:41 WIB
Inspirasi Desain Mushola Minimalis yang Bikin Ibadah Makin Khusyuk

ILUSTRASI. Mushola yang minimalis bisa membantu ibadah makin khusyuk.

MOMSMONEY.ID - Bagi penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam, keberadaan mushola di rumah sudah menjadi sesuatu yang wajib.

Salah satu tujuan menyediakan mushola di rumah adalah memastikan Anda dapat melakukan sholat atau mengaji dengan khusyuk. Jadi, masuk akal bila mushola perlu didesain senyaman mungkin.

Nah, supaya terlihat nyaman, Anda bisa mendesain mushola dengan gaya minimalis yang simpel. Tak perlu menggunakan banyak ornamen, mushola di rumah Anda bisa tampil cantik dan siap menunjang kegiatan ibadah sehari-hari.

Berikut ini ada beberapa contoh desain mushola minimalis yang bisa Anda tiru. Yuk, tengok seperti apa penampilan mushola-mushola di bawah ini!

Baca Juga: Inspirasi Rumah Minimalis Bergaya Islami, Teduh dan Menenangkan

Warna-warna hangat yang nyaman

Supaya terlihat minimalis, Anda bisa menggunakan warna-warna yang senada di mushola. Jadi, Anda bisa menambahkan ornamen atau dekorasi lainnya tanpa takut terlihat terlalu norak atau mencolok.

Contohnya seperti mushola pada gambar di atas. Walaupun menggunakan beragam ornamen seperti marmer, mozaik, dan kaligrafi yang terlihat klasik pada dinding, mushola tersebut tetap nyaman dipandang berkat penggunaan warna-warna netral seperti coklat, krem, dan hitam yang hangat.

Sederhana tapi berkesan

Jika Anda menginginkan mushola yang terlihat simpel tapi tetap berkesan, coba tengok desain mushola minimalis yang satu ini.

Menggunakan perpaduan warna putih dan abu-abu dengan dinding semen, mushola pada gambar di atas benar-benar terlihat sederhana. Salah satu sisi dinding dibuat agak menjorok ke dalam supaya berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang minimalis. Supaya nuansa Islami makin terasa, pemiliknya menggunakan kaligrafi di bagian dindingnya.

Baca Juga: Ingin Interior Rumah Anda Bergaya Islami? Gunakan 7 Elemen Ini

Sentuhan yang elegan

Mushola yang minimalis tidak selamanya harus membosankan. Jika ingin, coba tambahkan sentuhan yang elegan supaya mushola Anda tetap tampil cantik.

Mushola pada gambar di atas menggunakan layout ruangan yang simpel dengan warna-warna netral yang hangat. Namun, mushola tersebut sama sekali tidak terlihat membosankan berkat penggunaan elemen-elemen yang terlihat elegan, seperti lampu gantung, cermin, dan lampu berwarna warm white yang dipasang pada area penyimpanan.

Homey dan simpel

Mushola yang satu ini memang terlihat simpel, tapi Anda dapat beribadah dengan khusyuk karena ada kesan homey dan nyaman yang hadir dari mushola ini.

Menggunakan wood slat atau bilah kayu sebagai pembatas antara mushola dan ruangan lain di rumah, lantai mushola ini dilapisi karpet yang lembut dengan pencahayaan yang temaram supaya lebih nyaman. Dekorasinya pun simpel, hanya berupa kaligrafi sederhana yang dipasang pada dinding yang polos.

Selanjutnya: Untuk Single Dad, Ini 6 Tips yang Bisa Dipraktikkan untuk Memudahkan Parenting Anak

Editor: Kania Paramahita
Terbaru