Bugar

Inilah yang Terjadi Saat Sering Memencet Jerawat, Apa Saja?

Inilah yang Terjadi Saat Sering Memencet Jerawat, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Saat jerawat muncul, sadar ataupun tidak Anda biasanya akan memencet jerawat. Munculnya jerawat sering membuat Anda gemes ingin segera menghilangkannya. Kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan karena dapat memperburuk kondisi kulit. 

Namun, memencet jerawat bukanlah jalan cepat dan tepat untuk menghilangkan jerawat. Agar lebih memahami akibat dari memencet jerawat, simak penjelasannya di bawah ini dilansir dari cleanandclear.co.id, yaitu: 

1. Breakout

Akibat memecet jerawat pertama adalah breakout. Memencet jerawat malah bikin memperburuk kondisi wajah Anda. Hal ini dikarenakan memencet jerawat hanya akan membuat luka baru pada wajah. Sehingga, menjadi tempat yang disukai bakteri untuk masuk dan akibatnya akan timbul jerawat-jerawat baru di sekitar area tersebut.

2. Noda Hitam

Akibat memencet jerawat selanjutnya yaitu noda hitam. Jerawat yang Anda pencet mungkin akan sembuh, namun bekas jerawatnya justru akan menetap lebih lama dibandingkan dengan jerawat.

Bekas jerawat berupa noda hitam ini akan mengganggu penampilan Anda karena membuat wajah menjadi tampak kusam. Apabila tidak diatasi dengan benar, maka bekas jerawat ini juga dapat menetap selamanya di wajah Anda. 

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati yang Harus Anda Tahu

3. Iritasi

Berikutnya, akibat yang akan terjadi pada kulit yaitu iritasi. Kulit di area jerawat akan jadi merah, meradang, dan bahkan juga bisa muncul infeksi. Hal ini terjadi karena area tersebut dipencet secara paksa, sehingga melukai kulit. Selain itu, bisa juga muncul infeksi karena Anda memencet jerawat dengan tangan yang kotor atau tidak higenis.

4. Bopeng

Akibat memencet jerawat yang paling buruk adalah bopeng. Tidak hanya menimbulkan noda hitam di wajah namun juga membuat kulit jadi bopeng. Tentunya masalah ini sangat parah bagi kulit wajah. 

Umumnya bopeng akan muncul di wajah jika jerawat yang Anda pencet memiliki ukuran yang besar dan di area tersebut sering timbul jerawat. Luka di area yang sama inilah yang kemudian memicu timbulnya bopeng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News