HOME, Bugar

Inilah Vitamin Penting yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil

Inilah Vitamin Penting yang Perlu Dikonsumsi Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Kehamilan membuat Anda harus mengubah kebiasaan makan. Anda harus lebih banyak menyantap makanan yang beragam, termasuk sayur dan buah.  

Di dalam sayur dan buah terdapat berbagai macam nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janinnya. 

Dilansir dari Pregnant Education, berikut ini kebutuhan vitamin yang paling penting dan harus dipenuhi ibu selama kehamilan:

1. Vitamin C

Vitamin C dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini kemudian dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janin.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi. Hal ini membantu ibu hamil terhindar darianemia –yang merupakan salah satu penyakit yang umum dialami ibu hamil.

Baca Juga: Inilah Beberapa Cara untuk Mengatasi Mandul pada Laki-Laki dan Perempuan

2. Zat Besi

Oksigen yang mengalir ke semua bagian tubuh dibawa oleh sel darah merah. Oleh karena itu, ibu hamil mesti memiliki zat besi yang cukup. Zat besi berguna untuk membentuk sel-sel darah merah.

Jika kekurangan zat besi, ibu hamil bisa terkena anemia yang berakibat pada kondisi fisik yang mudah lelah, pusing, lemah, dan pucat. Selain itu, zat besi bagi janin dalam kandungan juga penting untuk menunjang pertumbuhannya.

Kekurangan zat besi pada janin dapat berisiko membuatnya mengidap anemia ketika lahir. Selain itu, risiko Si Kecil lahir prematur dan berat badan rendah pun semakin meningkat. 

3. Vitamin D

Pemenuhan vitamin D dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih dalam kandungan.

Vitamin D bertugas untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh yang dibutuhkan untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat. Kebutuhan vitamin D untuk ibu hamil menurut AKG 2013 adalah 15 mcg. 

4. Asam Folat

Ibu hamil memerlukan asam folat yang cukup untuk mencegah cacat pada sistem saraf bayi (neural tube defect – NTD).

Biasanya NTD ini mulai berkembang di 28 hari pertama setelah pembuahan, sayangnya pada masa ini kebanyakan ibu belum menyadari bahwa ia sedang hamil.

Oleh karena itu, bagi ibu yang telah merencanakan kehamilan mesti memenuhi kebutuhan asam folat sekitar 400–800 mikrogram setiap hari. Susu khusus ibu hamil biasanya sudah disertai asam folat yang baik untuk janin.

Namun, jika ibu tidak mengonsumsi susu ibu hamil, maka bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Sayuran hijau, sereal gandum, kacang-kacangan, dan jeruk mengandung asam folat yang baik untuk kandungan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil di Trimester Pertama Kehamilan

5. Vitamin E

Untuk membantu pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot, tubuh membutuhkan asupan vitamin E yang cukup. Kebutuhan vitamin E ibu hamil adalah sebesar 15 mg per hari, menurut AKG 2013.

Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin E dari minyak sayur, kacang-kacangan, bayam, dan sereal yang diperkaya vitamin E.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

6. Asam Folat

Ibu hamil memerlukan asam folat yang cukup untuk mencegah cacat pada sistem saraf bayi (neural tube defect – NTD). Biasanya NTD ini mulai berkembang di 28 hari pertama setelah pembuahan, sayangnya pada masa ini kebanyakan ibu belum menyadari bahwa ia sedang hamil.

Oleh karena itu, bagi ibu yang telah merencanakan kehamilan mesti memenuhi kebutuhan asam folat sekitar 400–800 mikrogram setiap hari. Susu khusus ibu hamil biasanya sudah disertai asam folat yang baik untuk janin.

Namun, jika ibu tidak mengonsumsi susu ibu hamil, maka bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat. Sayuran hijau, sereal gandum, kacang-kacangan, dan jeruk mengandung asam folat yang baik untuk kandungan.

7. Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan janin. Selain itu, kandungan antioksidan dalam vitamin A juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu, sehingga ibu tak gampang sakit.

Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan vitamin A dalam bentuk betakaroten, yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Contohnya, wortel, bayam, brokoli, kale, mangga, paprika merah, dan ubi. 

Baca Juga: Kaya Akan Serat, Ini Manfaat Buah Sawo untuk Ibu Hamil

8. Kalsium

Vitamin ibu hamil yang selanjutnya adalah kalsium. Asupan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil adalah sekitar 1.000 miligram setiap hari.

Sama seperti halnya vitamin D, kalsium sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Kalsium membantu janin untuk tumbuh dan membentuk tulangnya, sehingga dia bisa tumbuh sempurna.

Ibu bisa mendapatkan sumber kalsium dari makanan, seperti tahu, tempe, yoghurt, susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Jadi, masukkan makanan-makanan ini dalam sumber asupan harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News