HOME, Bugar

Inilah Sederet Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Sederet Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Telur bebek sering kali Anda jumpai sebagai bahan dasar beberapa jenis makanan, seperti martabak atau kerak telor. 

Hampir seluruh menu makanan yang kita makan sehari-hari menyelipkan telur sebagai bahan utama. Ada yang menyukai telur ayam, tetapi tak sedikit pula yang lebih memilih telur bebek.  

Ternyata banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat yang terdapat di dalam telur bebek untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 5 Kandungan Gizi dalam Makanan Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Dirangkum daru Live Strong dan Healthline, berikut ini sederet manfaat telur bebek untuk kesehatan yang wajib Anda tahu, antara lain:  

1. Menjaga kesehatan kandungan

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan kandungan. Untuk menjaga kesehatan kandungan, sebaiknya konsumsi telur bebek yang matang. 

Manfaat tersebut didapatkan dari selenium, yang menunjang metabolisme hormon dan memperbaiki DNA yang rusak. 

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang kedua adalah bisa menjaga kesehatan mata. Manfaat kuning telur bebek untuk kesehatan mata berasal dari kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. 

Kedua antioksidan ini dapat melindungi mata dari berbagai penyakit, seperti katarak dan degenerasi makula, yang banyak terjadi terutama pada orang lanjut usia.  

3. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang ketiga adalah menjaga kesehatan dan fungsi otak. Kolin yang terkandung dalam kuning telur bebek sangat bermanfaat untuk kesehatan otak dan sistem saraf. 

Nutrisi ini dapat melindungi Anda dari gangguan memori atau gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer, di masa tua nanti. 

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

4. Terhindar dari penyakit kronis

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang keempat adalah terhindar dari penyakit kronis. Warna oranye pada kuning telur bebek berasal dari pigmen alami yang disebut karoten. 

Karoten merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan stroke. 

Selain itu, asam oleat pada kuning telur juga bermanfaat untuk menekan peradangan, mengurangi pengentalan darah, serta memperbaiki keseimbangan gula darah dan tekanan darah. 

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat telur bebek untuk kesehatan yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Telur bebek juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Kedua kandungan baik tersebut juga dapat membantu meratakan warna kulit, jika rutin dikonsumsi. 

Inilah sederet manfaat telur bebek untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Selain nikmat juga memiliki banyak kandungan nutrisi untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News