Bugar

Inilah Sederet Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Inilah Sederet Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Daun salam atau yang memiiki bahasa ilmiah Eugenia polyantha ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penyedap berbagai macam masakan.

Namun, daun salam ini juga sering dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagian yang paling menyimpan banyak manfaat ada pada daun dan minyaknya.

Daun salam memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa karena rendah kalori, daun salam bisa meningkatkan jumlah serat, vitamin, mineral, dan antioksidan ketika dihidangkan.

Daun ini juga memiliki sifat antikanker, antiinflamasi, dan antibakteri. Berikut yang perlu Anda ketahui dari manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari Web MD, antara lain: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Mencegah kanker payudara

Manfaat daun salam yang pertama adalah mencegah kanker payudara. Studi menunjukkan ekstrak tanaman daun salam kemungkinan bisa membantu pencegahan kanker payudara.

Ekstrak ini memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan gula darah dan kolesterol

Manfaat daun salam yang kedua bisa menurunkan gula darah dan kolesterol. Rebusan daun salam bisa membantu menurunkan gula darah dan kolesterol.

Polifenol yang ditemukan dalam daun salam sebagai antioksidan yang kuat. Diperkirakan zat ini membantu pengidap diabetes dengan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol mereka.

Mencegah batu ginjal

Manfaat daun salam yang ketiga bisa membantu mencegah batu ginjal. Studi menunjukkan ekstrak daun salam bisa mencegah batu ginjal.

Ekstrak daun salam juga diyakini mampu mengurangi jumlah urease dalam tubuh Anda. Urease adalah enzim yang jika berlebihan bisa menyebabkan beberapa gangguan, termasuk meningkatkan risiko batu ginjal.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Andrographis Paniculata Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat daun salam yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Daun salam adalah sumber vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang baik.

Semua vitamin ini diketahui mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tanaman ini pun sering dikonsumsi oleh lansia dan anak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Mencegah stres dan depresi

Manfaat daun salam yang terakhir bisa mencegah stres dan depresi. Perlu diketahui bahwa kandungan linalool dalam daun ini bisa menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada tubuh.

Daun salam juga memiliki kualitas menenangkan alami yang bisa membantu tubuh lebih tenang dan mengurangi kemungkinan depresi. 

Jika Anda ingin memperoleh manfaat daun salam dengan mengonsumsi ekstrak daun salam, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih suplemen herbal.

Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News