HOME

Inilah Sederet Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda ketahui

Inilah Sederet Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda ketahui

MOMSMONEY.ID - Semangka salah satu buah menyegarkan yang kaya nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tak hanya segar, buah semangka menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Mengutip Healthline, salah satu keunggulan buah semangka yaitu rendah kalori. Setiap satu cangkir atau 154 gram semangka hanya mengandung 46 kalori.   

Selain rendah kalori, semangka juga banyak mengandung vitamin C, A, B, mineral kalium, dan magnesium. Semangka juga tinggi antioksidan penting, seperti karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E.   

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Manfaat yang didapat dari buah semangka terutama berasal dari campuran antara nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa lain di dalamnya.

Dirangkum dari Healthine dan Mayo Clinic, berikut ini sederet manfaat semangka untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui: 

1. Menghidrasi tubuh

Manfaat semangka untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menghidrasi tubuh. Semangka terdiri atas 92% air. Mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi  dapat membantu menghidrasi tubuh.  

Kandungan air yang tinggi dalam semangka juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.   

2. Mencegah kanker

Manfaat lain mengonsumsi semangka yaitu mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan kandungan likopen dalam semangka bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat yang lebih rendah.  

Semangka tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C dapat mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dapat menghambat pertumbuhan tumor.   

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat semangka untuk kesehatan yang ketiga adalah melancarkan pencernaan. Mengonsumsi buah semangka cukup untuk membantu melancarkan pencernaan. 

Buah ini mengandung banyak cairan dan prebiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.  

Selain melancarkan pencernaan, prebiotik juga bisa menunjang kekebalan tubuh, antiperadangan, dan menjaga suasana hati tetap positif.   

Baca Juga: Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesehatan Anak yang Perlu Moms Ketahui

4. Menjaga kesehatan mata 

Manfaat lain semangka untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan likopen semangka dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan pembengkakan, termasuk area mata. 

Antioksidan ini juga dapat mencegah degenerasi makula seiring pertambahan usia. Seperti diketahui, degenerasi makula adalah penyebab kebutaan atau gangguan penglihatan pada kalangan lansia.    

5. Mencegah pembentukan batu ginjal

Manfaat semangka untuk kesehatan yang terakhir adalah bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan kalium semangka dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal.

Bahkan, kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Sementara itu, senyawa antioksidan dalam semangka juga memberikan manfaat terhadap kesehatan ginjal.   

Itulah manfaat semangka untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika ingin mendapatkan manfaatnay secara maksimal konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News