Inilah Salah Satu Wilayah di Jakarta yang Aman dari Bencana

Rabu, 14 Desember 2022 | 07:03 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah Salah Satu Wilayah di Jakarta yang Aman dari Bencana

ILUSTRASI. Jakarta Pusat menjadi salah satu wilayah di Jakarta yang aman dari bencana. KONTAN/Baihaki


JAKARTA - JAKARTA. Jakarta Pusat menjadi salah satu wilayah di Jakarta yang aman dari bencana. Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. 

"Jadi dari semua wilayah di Jakarta, Jakarta Pusat lah yang menjadi wilayah yang aman dalam dua hingga tiga tahun ini, tidak seperti Jakarta Selatan sering ada banjir atau genangan," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Selasa (14/12/2022). 

Isnawa mengatakan dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun ini, Jakarta Pusat tidak seperti wilayah lainnya yang selalu tergenang banjir. 

"Jakarta Selatan ini sering terjadi cuaca ekstrem dalam setengah jam ada 60 pohon tumbang, di wilayah Pusat relatif aman kemudian di Jakarta Timur dan Jakarta Barat hujan besar pasti banjir atau genangan," tutur Isnawa. 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin meminta kepada lurah dan camat untuk melakukan penguatan kewilayahan serta menyampaikan informasi kepada masyarakat dan lembaga kemasyarakatan terkait upaya pencegahan dan penanggulangan bencana. 

Baca Juga: Letusan Gunung Semeru Picu Tsunami, BNPB: Berita Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan

"Bersama unsur masyarakat mana pun supaya kita dapat melakukan pencegahan penanggulangan bencana," ucap Iqbal Akbarudin. 

Iqbal melanjutkan, antisipasi bencana seperti banjir yang dilakukan salah satunya lewat gerebek lumpur di sejumlah saluran air. 

Dia juga bilang, untuk mengantisipasi perluasan potensi bencana, juga dilakukan berbagai persiapan seperti lokasi pengungsian. 

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, 2.219 Jiwa Menunggsi, Gubernur Khofifah Utamakan Dapur Umum

"Kita juga membuka peluang pemanfaatan RPTRA menjadi tempat pengungsian bagi anak-anak dan lainnya dalam menciptakan suasana pengungsian yang tidak hanya aman tetapi juga memperhatikan pendidikan dan kualitas anak di lokasi tersebut," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPBD DKI: Jakarta Pusat Jadi Wilayah Aman Bencana di Ibu Kota"

Editor : Jessi Carina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru