HOME, Bugar

Inilah Rempah-Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

Inilah Rempah-Rempah yang Baik Dikonsumsi saat Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Rempah-rempah dikenal sebagai penyedap rasa yang sering ditambahkan pada makanan ataupun minuman. 

Selain menambah cita rasa, rempah-rempah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil.   

Anda bisa menjumpai macam-macam rempah Indonesia ini dengan mudah dalam bentuk aslinya, baik di pasar tradisional ataupun di swalayan.  

Fungsi rempah-rempah ini juga banyak dipasarkan sebagai produk jamu, bumbu instan, hingga suplemen kesehatan. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Ingin Memiliki Bayi Perempuan

Berikut adalah 5 rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat kehamilan, dilansir dari Moms Health.

1. Jahe

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat kehamilan adalah jahe. Rempah-rempah Indonesia ini dikenal sebagai bahan pembuatan minuman lokal, seperti wedang, bandrek atau bajigur. 

Jahe juga merupakan bumbu masak yang berguna untuk menghilangkan bau amis. Efek menghangatkan dari jahe dapat membantu tenggorokan dan pencernaan terasa lebih nyaman.  

2. Daun pepermin

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat kehamilan adalah kedua adalah daun pepermin. Daun yang berukuran kecil ini bermanfaat untuk meredakan mual, morning sickness, dan perut kembung. 

Daun pepermin dapat dikonsumsi bersama teh. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi pepermin. Melansir Mompresso, konsumsinya yang berlebihan bisa meningkatkan risiko keguguran.  

 3. Kencur

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat kehamilan selanjutnya adalah kencur. Secara tradisional, manfaat rempah-rempah kunyit sering digunakan untuk mengatasi nyeri haid dan dispepsia. 

Selain itu, kencur juga digunakan untuk mengatasi peradangan, memar, ketombe, sakit kepala, demam, sakit perut, sembelit, dan sebagainya.  

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Mengobati Pegal Linu

4. Lada hitam

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat kehamilan lainnya adalah lada hitam. Saran konsumsi lada hitam setiap harinya adalah 30 mikrogram per hari.  

Rempah yang satu ini tergolong kaya akan kromium, zat yang sangat dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari penyakit diabetes gestasional. 

Melansir Mom Junction, kadar kromium yang rendah dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol. Hal itu bisa menyebabkan diabetes.   

5. Kapulaga

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat kehamilan yang terakhir adalah kapulaga. Kapulaga dapat digunakan sebagai aroma therapy ataupun dijadikan teh yang bermanfaat untuk mengatasi mual pada ibu hamil.  

Jika Anda memiliki kondisi medis kronis atau serius, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ramuan dengan menggunakan rempah-rempah.  

Toleransi terhadap rempah-rempah Indonesia tentunya berbeda pada setiap orang. Kurangi atau hentikan penggunaan rempah-rempah jika Anda merasakan ketidaknyamanan, seperti mual atau sakit perut, setelah mengonsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News