HOME, Bugar

Inilah Perbedaan Alkohol Jahat dan Alkohol Baik untuk Wajah, Sudah Tahu?

Inilah Perbedaan Alkohol Jahat dan Alkohol Baik untuk Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Seperti yang Anda tahu bahwa alkohol merupakan salah satu bahan yang cukup dihindari di dalam produk skincare. Alkohol memberikan efek buruk untuk kulit, apalagi pemilik kulit sensitif bisa memunculkan iritasi dan kemerahan.

Ternyata, alkohol memiliki dua jenis, yaitu alkohol jahat dan alkohol baik untuk wajah. Hal yang membedakannya pada berat molekulnya. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan alkohol jahat dan alkohol baik untuk wajah dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Alkohol Jahat

Menurut istilah, alkohol jahat adalah alkohol dengan molukel ringan. Molekul ringan pada skincare memberikan tekstur yang ringan mudah diserap kulit. Ada beberapa jenis alkohol yang tidak baik untuk kulit adalah:

  • Methanol
  • Ethanol
  • Alcohol denat (denatured alcohol)
  • Isopropyl alcohol

Pemilik kulit berminyak terkadang mencari produk skincare yang cepat meresap dan memberi sensasi ringan di kulit. Umumnya skin care dengan kandungan alkohol jahat memberikan sensasi seperti itu. Namun, penggunaan alkohol jahat akan berpotensi memicu iritasi dan kulit kering. 

Efek jangka panjangnya, skin barrier akan bermasalah sehingga kulit akan kesulitan untuk menahan air. Masalah pada skin barrier ini yang kemudian memicu kulit menjadi memproduksi minyak berlebih dan potensial menimbulkan jerawat.

Oleh karena itu, penting untuk pemilik kondisi kulit berminyak dan berjerawat untuk memperhatikan kandungan alkohol apa yang terdapat dalam produk skincare Anda. 

Baca Juga: Inilah Manfaat Mentega untuk Kecantikan Bibir, Sudah Tahu?

2. Alkohol Baik 

Alkohol baik biasanya disebut dengan fatty alcohols yang memiliki molekul berat sehingga sama sekali tidak merusak kulit. Fatty alcohols umumnya terbuat dari tumbuhan.

Selain memiliki molekul yang berat, fatty alcohols juga punya bentuk pada yang berfungsi untuk menyatukan kandungan air dan minyak dalam produk skincare. Tujuannya yaitu agar kedua kandungan tersebut menyatu dan tidak terpisah. Ada beberapa jenis alkohol yang baik untuk wajah:

  • Stearyl
  • Behenyl
  • Cetearyl
  • Cetyl alcohol

Berbeda dengan alkohol jahat, alkohol baik ini berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembap karena akan memperkuat kemampuan kulit untuk menyimpan kadar air di bawah kulit. Oleh sebab itu, alkohol yang baik ini bisa memperkuat skin barrier Anda karena memiliki peran sebagai moisturizer juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News