HOME, Bugar

Inilah Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah, Sudah Tahu?

Inilah Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Memiliki pori-pori besar di wajah cukup mengganggu penampilan ya, moms. Sebelum Anda mencari tahu cara mengecilkan pori-pori besar ini, Anda perlu memahami penyebab munculnya pori-pori besar di wajah. Hal tersebut berguna untuk Anda bisa meminimalisir kemunculan pori-pori besar selanjutnya. Melansir dari olay.co.id, ada beberapa penyebab pori-pori besar di wajah, yaitu : 

1. Produksi Minyak Berlebih di Wajah

Penyebab pori-pori besar pertama adalah produksi miyak berlebih di wajah. Secara alami, minyak dibutuhkan oleh wajah untuk menjaga kelembapan. Tentunya, setiap orang memiliki kelenjar minyak pada kulit, tetapi jumlah yang diproduksinya berbeda-beda. 

Ketika produksi minyak berlebih dan bercampur dengan sel kulit mati, maka kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit akan menyumbat pori-pori. Hal ini menyebabkan minyak tidak bisa keluar secara alami hingga akhirnya menyebabkan ukuran pori-pori wajah jadi membesar.

2. Usia 

Selanjutnya, usia dapat menyebabkan pori-pori besar di wajah. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami kehilangan elastisitasnya. Hal ini disebabkan oleh produksi kolagen yang menurun drastis, sehingga kulit menjadi tidak fleksibel. Faktor inilah yang juga menjadi penyebab pori-pori di wajah semakin membesar.

3. Paparan Sinar UV

Penyebab pori-pori besar selanjutnya adalah paparan sinar UV. Sinar UV bisa merusak kolagen pada kulit, padahal fungsi kolagen untuk menjaga kekencangan pori-pori. Saat kolagen rusak, tentu pori-pori akan menjadi besar. Oleh karena itu, Anda harus selalu melindungi kulit dengan sunscreen minimal SPF 30 saat akan beraktivitas sehari-hari. 

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta Tentang Pori-Pori Wajah di Sini

4. Tidak Rutin Membersihkan Wajah

Wajah yang bersih adalah awal mula mendapatkan kulit yang sehat. Ketika Anda tidak membersihkan wajah dengan rutin dan sempurna, maka masalah kulit seperti jerawat, komedo dan pori-pori besar akan muncul. 

Hal ini disebabkan oleh sisa riasan, kotoran, dan debu yang belum terangkat akan menempel pada permukaan kulit dan masuk ke dalam pori-pori. Semakin malas Anda membersihkan wajah, semakin membesar ukuran pori-pori karena kumpulan kotoran.

Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan double cleansing setiap malam, dan jangan pernah malas untuk membersihkan wajah. Dengan menerapkan kebiasaan baik membersihkan wajah, tentu Anda bisa terhindar dari pori-pori besar yang mengganggu penampilan kulit.

5.  Jarang Melakukan Eksfoliasi

Penyebab pori-pori besar selanjutnya adalah jarang melakuka ekfoliasi. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Jika Anda melewatkan kegiatan ini, tentunya berpotensi untuk masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan perubahan ukuran.

Saat melakukan proses eksfoliasi, usahakan untuk memilih eksfoliator dengan kandungan BHA yang dapat mengangkat sel kulit mati dari permukan kulit secara mendalam. Sehingga, proses eksfoliasi akan lebih maksimal. 

6. Melupakan Penggunaan Pelembab

Setelah sunscreen, Anda juga perlu menggunakan pelembab. Saat kulit berkurang kelembabannya, maka produksi minyak alami pada wajah akan berlebihan, otomatis membuat pori-pori wajah membesar. Jadi, jaga keseimbangan kulit dengan mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. 

Selanjutnya: Gunakan Minyak Alami, Pahami 3 Cara Mengatasi Bulu Mata yang Rontok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News