HOME, Bugar

Inilah Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, Sudah Tahu?

Inilah Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Mengalami uban di usia muda tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Rambut uban memang identik dengan orang tua dan usia yang tidak muda lagi. Ternyata uban bisa dialami oleh banyak orang, tidak mengenal usia.

Jika Anda mengalami uban di usia muda, Anda tentu harus mengetahui penyebab masalah rambut ini. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan uban di usai muda. Melansir dari garnier.co.id, berikut penyebabnya, yaitu:

1. Genetik

Penyebab munculnya uban di usia muda pertama adalah genetik. Rambut yang beruban lebih awal bisa dipengaruhi oleh orang tua. Faktanya, hampir 90% penyebab munculnya uban adalah faktor genetik, walau belum bisa dipastikan gen apa yang berperan dalam hal ini.

Sehingga jika rambut Anda sudah beruban di usia muda, coba cek ke orang tua atau kakek-nenek karena bisa jadi Anda mewarisi gen ini. Karena disebabkan faktor genetik, tidak ada solusi lain selain menggunakan cat rambut untuk menutup uban.

2. Kekurangan Nutrisi

Selanjutnya, penyebab munculnya uban di usia muda yaitu kekurangan nutrisi. Rambut tetap membutuhkan nutrisi untuk bisa tumbuh sehat. Jika rambut mengalami uban di usia muda, bisa jadi Anda kekurangan kekurangan nutrisi berupa Vitamin B12, zat besi, kalsium, dan Vitamin D3.

Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi karena Anda sedang diet ketat atau sebaliknya, pola makan tidak sehat. Kemudian, cara mengatasi uban yang disebabkan kurang nutrisi adalah dengan cara mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang seimbang.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengolah Air Mawar untuk Kecantikan di Produk Skincare

3. Masalah Kesehatan

Penyebab munculnya uban di usia muda selanjutnya karena masalah kesehatan. Masalah kesehatan dan penyakit, di antaranya adalah autoimun, neurofibromatosis, gangguan fungsi tiroid, beberapa tipe anemia, dan vitiligo, dapat membuat seseorang beruban lebih awal. Rambut beruban ada yang kembali ke warna semula setelah penyakit sembuh dan pengobatan dihentikan, tapi ada juga membuat rambut beruban permanen.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup juga menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan stres, terbukti dapat membuat rambut Anda beruban lebih awal. Merokok terdapat bahan yang mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel melanosit sehingga tidak bisa lagi memproduksi melanin untuk rambut.

Cara mengatasi uban untuk faktor ini tentu saja dengan mengubah gaya hidup Anda jadi lebih sehat dengan berhenti merokok, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan hindari stres.

5. Produk Perawatan Rambut Tidak Cocok

Penyebab munculnya uban di usia muda lainnya adalah produk perawatan rambut tidak cocok. Hal ini dikarenakan produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu keras dan berbahaya.

Sebaiknya, biasakan pakai produk-produk perawatan rambut yang terpercaya dan aman digunakan karena terdaftar di BPOM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News