Bugar

Inilah Penyebab Munculnya Kerutan di Bawah Mata, Sudah Tahu?

Inilah Penyebab Munculnya Kerutan di Bawah Mata, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Kerutan adalah tanda penuaan pada kulit, kenali penyebab munculnya kerutan di bawah mata. Perlu Anda tahu bahwa kulit di bawah area mata tipis sehingga rentan mengalami kerutan. Seiring pertambahan usia, tanda-tanda penuaan mulai terlihat.

Namun, kebiasaan yang Anda lakukan sehari- hari ternyata bisa berdampak buruk pada kulit. Agar dapat merawat kulit dengan tepat, simak penyebab munculnya kerutan di bawah mata dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

1. Menatap Gadget

Penyebab munculnya kerutan di bawah mata pertama adalah menatap gadget. Monitor komputer dan laptop, layar ponsel, serta tablet, memancarkan cahaya biru atau blue light. Dalam jangka panjang, paparan radiasi ini dapat memicu penuaan dini, seperti kerutan di bawah mata.

Diperparah dengan kebiasaan menyipitkan mata saat melihat pesan di layar ponsel, garis-garis halus di sekitar mata akan semakin tampak.

2. Lupa Memakai Sunglasses

Penyebab kerutan di bawah mata selanjutnya adalah lupa memakai sunglasses. Menyipitkan mata merupakan reaksi alami untuk melindungi mata saat terkena cahaya yang kuat. Bagi yang sering terpapar sinar matahari, kebiasaan buruk ini dapat memicu munculnya kerutan di bawah mata.

Baca Juga: Pahami 5 Jenis Penyakit Kulit di Area Paha yang Harus Anda Tahu

3. Sering Terpapar Panas Masakan

Berikutnya, sering terpapar panas masakan. Bukan hanya paparan sinar matahari saja yang dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan di wajah.

Kebiasaan sehari-hari seperti memasak juga dapat memicu timbulnya garis-garis halus, termasuk di bawah mata. Banyak dilakukan di dalam ruangan, kulit berisiko kehilangan elastisitasnya karena sering terkena panas dari oven dan kompor.

4. Pola Makan yang Berantakan

Penyebab kerutan di bawah mata lainnya adalah pola makan yang berantakan. Kesehatan tubuh, termasuk kulit Anda, merupakan hasil dari pola makan.

Nutrisi yang tepat dan seimbang menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Sebaliknya, terlalu sering menyantap junk food yang tinggi gula dan karbohidrat, dapat memicu peradangan pada tubuh dan mempercepat penuaan dini.

Nah, itulah beberapa penyebab munculnya kerutan di bawah mata. Yuk, mulai rawat kesehatan kulit di area mata Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News